Hindari Jalan Kiaracondong, Banyak Pipa PDAM Bocor

”Wilayah yang terdampak di antaranya, Cipedes, Tamansari dan beberapa wilayah utara lainnya,” ungkap Sonny.

Sonny mengatakan, segera melakukan perbaikan yang pengerjaan dilakukan oleh unit reaksi cepat (URC) milik PDAM, di daerah tersebut. Sehingga dalam waktu 24 jam kondisi sudah kembali normal.

Sonny mengatakan, memiliki empat regu URC. Satu regunya terdiri dari enam orang.‎ ”Ya memang saat pipa rusak, mungkin ada tanah atau kotoran yang masuk, tapi tidak banyak. Hanya saja, kan segera diperbaiki, jadi keruhnya air tidak lama,” terangnya.

Sebenarnya, lanjut Sonny, dalam setiap pengerjaan galian ada koordinasi dengan pihak terkait. Termasuk Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) dan kontraktor sebagai pihak ketiga.

Yang menjadi soal, kata dia, bukan besaran jumlah dana yang harus dikeluarkan untuk perbaikan, melainkan kerugian masyarakat yang tidak mendapatkan suplay air bersih.‎

”Sebenarnya, pihak ketiga mau bertanggungjawab atas kerusakan ini. Kami hanya hanya tinggal mengerjakan, dan menagihkan biayanya kepada pihak ketiga,” papar Sony.

Selain di Cihampelas, sebelumnya pipa terpancong juga di proyek pengerjaan fly over Antapani, dan beberapa titik di proyek pembangunan trotoar di Jalan Dago. ”Tapi titik-titik lain kerusakannya kecil dan tidak mengakibatkan kerusakan fatal,” tegasnya. (anj/ayb/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan