Hindari Jalan Kiaracondong, Banyak Pipa PDAM Bocor

bandungekspres.co.id, KIARACONDONG – Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung minta warga Kota Bandung bersabar dengan kemacetan yang terjadi di Jalan Ibrahim Adjie (Kiaracondong). DBMP mengklaim sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengurai kemacetan.

”Ya memang hari pertama pembangunan kemarin (Kamis (6/10) jalan memang agak macet. Sekarang setelah tersosialisasikan dan sudah berkoordinasi dengan Dishub dan pihak kepolisian, sekarang bisa sedikit berkurang kemacetannya,” papar Kepala DBMP Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen kepada wartawan, kemarin (7/10).

Pria yang akrab disapa Zul ini mengatakan, proyek ini mengerjakan pembetonan jalan sepanjang 1,4 kilometer, dari Samsat Kiaracondong ke arah Jalan Gatot Soebroto dengan biaya Rp 14 miliar. Targetnya selesai pada 28 Desember 2016.

”Tapi harus selesai pada 30 Oktober, ditambah waktu 28 hari. Sebab, pembetonan tidak boleh langsung diinjak,” tegasnya. ‎

Pembetonan ini sendiri, lanjut Zul, harus dilakukan, karena sisi lain  dari ruas jalan tersebut ‎sudah terlebih dahulu dibeton. Sehingga jika hujan maka akan terjadi banjir. ”Banjirnya juga cukup tinggi, hinggal lebih dari 60 sentimeter, itu juga kan akan merusak mobil,” terangnya.

Selain itu, banyak juga keluhan dari masyarakat tentang kondisi jalan tersebut yang bolong. Sehingga mencelakakan jika hujan dan bolong tertutupi air hujan. ”Kalau tertutup air hujan, jadi tidak akan keluhatan sama pengendara sepeda motor, itu yang jadi biang kemacetan,” tambahnya.

Zul menyakini, pengerjaan bisa tepat waktu. Meski kini tengah memasuki musim hujan. Kalaupun ada keterlambatan pengerjaan, menurut Zul, pembayaran akan disesuaikan dengan pekerjaan yang sudah selesai.

Di sisi lain, maraknya pembangunan di Kota Bandung, beberapa titik pipa sambungan Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM) Tirtawening Kota Bandung diketahi bocor karena kena pancong.

”Memang mungkin itu tidak sengaja terpancong oleh pekerja galian,” ujar Direktur Utama ( Dirut) PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi kepada wartawan, kemarin  (7/10/2016).

Kebocoran akibat galian yang terbaru adalah di proyek pembangunan Skywalk di Jalan Cihampelas, pada Rabu (5/10). Akibatnya, selama kurang lebih 24 jam, aluran air bersih ke beberapa pelanggan di beberapa wilayah kualitasnya buruk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan