Hancurnya Rekor Unbeaten Barca

Dalam analisis IBNLive, Zizou sudah belajar dari kesalahan Rafael Benitez pada kekalahan 0-4 di Bernabeu, 21 Nopember lalu. Salah satunya dengan ketepatan memainkan Casemiro. Bukan lagi memaksakan Casemiro bermain membantu serangan.

Melainkan menempatkan pemain Brasil tersebut lebih defensif. Dari statistik Whoscored, pemain berusia 24 tahun itu mencatatkan jumlah tekel terbanyak dibandingkan penggawa Real lainnya. Bahkan dibandingkan lini belakang Real sekalipun.

Delapan tekel, tiga kali intersep, dan dua kali memblok tendangan dari Casemiro membuat frustasi pemain Barca. Kegarangan trio MSN Barca yang terdiri dari Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar da Silva Santos Jr pun dibuat ompong.

Selain tidak mencetak satu pun gol dan assist, trio MSN juga hanya diberi sekali kesempatan shots on target. Dari 14 kali tembakan, hanya satu tembakan Messi yang tepat sasaran. Artinya, Casemiro mengubah akurasi tembakan trio MSN hanya 7,14 persen! ’’Dia (Casemiro) memainkan peran yang fundamental,’’ sebut Zizou.

Itu diakui sendiri oleh Bale. Winger kanan berkebangsaan Wales itu menyebut Real sudah punya game plan sebelum laga. Yaitu memanfaatkan counter attack dengan kecepatan tinggi. ’’Karena itu salah satu keunggulan kami,’’ klaimnya.

’’Barca memang hebat dalam menyerang, tetapi apakah mereka tim terhebat dalam hal bertahan? Semakin kami bermain menyerang, Barca itu bukanlah klub dengan pertahanan terbaik di dunia, dan kami sudah mampu membayarnya lunas,’’ imbuh Bale.

Zizou mengikuti jejak Bernd Schuster yang pernah mengalahkan El Barca di Camp Nou, pada La Liga 2007-2008 silam. Saat itu, Real dibawa Schuster menang 2-1. Bagusnya, di akhir musim Real pun dapat menjuarai La Liga.

Nah, itulah yang tidak bisa diikuti Zizou. Real masih tercecer di posisi ketiga dengan 69 poin. Atau terpaut satu angka dengan Atletico Madrid yang ada di posisi kedua dengan 70 poin. Sementara, Barca tetap kokoh berada di puncak klasemen dengan 76 poin.

Gap tujuh angka masih sulit didaki Sergio Ramos dkk di tujuh jornada tersisa. ’’Ini derby, dan sungguh indah bisa memenangi laga derby seperti ini. Kalau mengejar Barca, masih ada Atletico yang harus kami taklukkan. Setidaknya ini bisa menjadi titik tolak kami musim ini,’’ ungkap Zizou.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan