Gulungan Kabel Bermuatan Listrik

Petugas Sempat Kena Setrum

bandungekspres.co.id – Ditemukannya gulungan kulit kabel di dalam gorong-gorong wilayah Jalan Pasir Koja hingga Jalan Pagarsih, membuat Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung mencari tahu siapa pemilik sisa gulungan kulit kabel yang diperkirakan menjadi penyebab banjir di kawasan tersebut.

Kepala DBMP Kota Bandung Iskandar Zulkarnaen mengatakan, pihaknya baru menerima konfirmasi dari satu perusahaan ihwal keberadaan gulungan kabel yang berhasil diangkut tim Unit Reaksi Cepat UPT Tegallega yang kali terakhir dilakukan kemarin.

”Kita baru mendapat konfirmasi dari satu perusahaan yaitu PT Telkom. Mereka mengonfirmasi kalau sisa gulungan kabel bukan milik mereka,” tukas Zul-sapaan akrabnya, di Kantor DBMP Kota Bandung, Jumat siang.

Sejak temuan tersebut, DBMP langsung menelusuri kepemilikan dengan menyebar informasi kepada pihak terkait. Sesuai rencana, pihaknya akan memanggil secara formal dalam waktu dekat.

Sementara itu, ditemui terpisah Kepala URC UPT DBMP Tegalega Kiki Rosani mengaku, para petugasnya kembali mengangkut sisa gulungan kabel kemarin. Diperkirakan pengangkutan tersebut kurang lebih seperempat kendaraan pick-up.  Namun demikian, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui siapa pemilik gulungan kabel tersebut.

”Total yang berhasil hingga hari ini (kemarin) sekitar dua mobil pick-up, jumlah itu kita angkut dari tiga kali pengangkutan di tiga titik sejak Rabu lalu. Terakhir tadi kita selusuri di Jalan Natawijaya,” kata Kiki saat ditemui Bandung Ekspres di kawasan Caringin.

Dirinya melanjutkan, pihaknya tidak bisa mengangkut semua kabel lantaran sisa gulungan kabel itu menyimpan muatan listrik. Bahkan semenjak kali pertama ditemukan, satu petugasnya sempat tersengat aliran listrik.

”Sampai sekarang belum diketahui siapa pemilik kabel ini, tetapi tadi dari PT Telkom sudah mengonfirmasi kalau kabel merah dan hitam bukan milik mereka. Memang ada beberapa kabel yang masih aktif, petugas kita sempat kesetrum, alhamdulillah tidak sampai luka,” ucapnya.

Iwan Setiawan, salah satu petugas URC UPT Tegalega membenarkan jika rekannya di lapangan sempat tersengat aliran listrik. Rekannya tersengat listrik di saat hendak membersihkan serakan sampah yang berada di gorong-gorong kawasan Pasir Koja. ”Di situ awal ketemu, kita niat bersihkan sampah dan teman saya kena setrum. Setelah diselidiki ternyata banyak sisa kabel diantara tumpukan sampah. Satu persatu kita ambil untuk diangkat ke luar,” tukas Iwan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan