Genjot Industrialisasi Pertanian

Dia berharap konsep tol laut yang diangankan pemerintah bisa diimplementasikan pada pembangunan infrastruktur maritim. Dengan demikian, pengiriman bisa menjadi lebih efisien dan produk dari Jawa bisa semakin luas lagi masuk ke luar pulau. Dia mengatakan, selama ini biaya logistik untuk pengiriman produk di Jawa dan Bali bisa mencapai 10 persen dari total biaya produksi. ”Jika sudah di luar wilayah tersebut, biaya bisa mencapai 20 persen. Akibatnya, harga untuk di luar Jawa dan Bali lebih mahal,” ujarnya.

Mengenai paket kebijakan ekonomi, dia cukup mengapresiasi paket kebijakan tentang perizinan. Menurut dia, izin tiga jam dan one stop service saat ini sudah mulai berjalan baik. Di tingkat daerah, menurut dia, beberapa daerah sudah mulai terbuka dengan memahami bahwa tujuan masuknya investasi ke daerah mereka adalah kepentingan masyarakat.

Dia juga mengungkapkan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi daripada tahun lalu, perlu ada sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Juga, stabilnya kondisi politik dan nilai tukar serta infrastruktur yang tertata. ”Jika beberapa hal tersebut bisa dibenahi, pertumbuhan ekonomi kita mampu melampaui negara lain,” ujarnya. (vir/c10/sof/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan