Gelar Uji Coba Car Free Day

bandungekspres.co.id, BANDUNG KIDUL – Menata kewilayahan menjadi target setiap pemangku kebijakan di wilayah hukum yang dipimpinnya. Melibatkan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), hal yang tak boleh dileawatkan. Sebab, keterlibatan seluruh elemen masyarakat, akan meringankan kerja dan lebih memudahkan capaian target. Hal itu dikatakan Camat Bandung Kidul Yayan Karyana kemarin (9/4).

Dia menjelaskan, bukan rahasia kawasan Batununggal, termasuk kawasan padat penduduk. Sehingga, tarikan dan pertumbuhan kendaraan pribadi maupun umum kerap timbulkan kemacetan. Oleh sebab itu, hari ini (minggu 10/4) akan menggelar uji coba car free day. ”Sebagai pelaksana, saya tunjuk Forum RW Kecamatan Bandung Kidul, sebagai pelaksana,” tukas Yayan, yang dihubungi Bandung Ekspres kemarin.

Untuk tahap awal, uji coba car free day hanya melingkupi kawasan lapangan olahraga komplek Batununggal Indah. ”Bukan tidak mungkin, ke depan bila evaluasi mengarah kepada perluasan. Bisa saja car free day sampai ke jalan raya,” tukas Yayan.

Dalam uji coba itu, sambung Yayan, pihak kecamatan, berkoordinasi dengan pihak terkait. Terutama Dinas Perhubungan, yang secara teknis lebih memahami rekayasa jalan. Keterlibat jajaran Kepolisianpun tak ketinggalan. ”Pokoknya, untuk kelancaran program melibatkan ahlinya akan memudahkan. Berikan pekerjaan itu pada ahlinya, maka kita tak akan tersesat,” terang Yayan mengutip hadist.

Intinya, kata Yayan, pihak kecamatan ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satu yang sering dikeluhkan di kawasan Batununggal. ”Menghentiakan kepenatan sementara waktu dengan meanggalkan kendaraan, menjadi pilihan. Rencana itu, mendapat suport warga,” imbuh Yayan. (edi/fik).

Tinggalkan Balasan