Gali Potensi, Cimahi Harus Jadi Kota Wisata Budaya

 

bandungekspres.co.id, CMAHI – Potensi budaya dan pariwisata Kota Cimahi terbilang cukup banyak namun belum tergali sepenuhnya ini karena kurang optimal dan keseriusan pemerintah untuk menggarapnya, sehingga masyarakat khususnya pencinta seni merasa bahwa Slogan Cimahi CERDAS (Creatifve, Egaliter, Reasponsif, Dinamis, Agamis dan Sinambung) dirasakan masih hampa.

Hermana, salah seorang pelaku seni Cimahi mengatakan, sudah seharusnya Pemkot memperhatikan soal pariwisata dan budaya yang akan di Kota Cimahi dengan berbagai promosi wisata.

”Jika Pemerintah Kota Cimahi mau dan tidak setengah-setengah dalam mengoptimalkan sumber daya, saya yakin seni budaya dan pariwisata kita bisa bersaing bahkan akan lebih maju dari kota-kota lain,” ujarnya.

Dirinya menilai, saat ini komunikasi antara Pemkot dengan masyarakat tidak terjalin dengan baik, termasuk dengan para pelaku seni dan budaya, sehingga mengakibatkan sulitnya mengembangkan pariwisata.

Keterbatasan anggaran yang selalu dijadikan alasan dalam pengembangan dan pengoptimalan seni budaya dan pariwisata, menurutnya bukan persoalan yang sulit jika semua elemen bekerjasama. ”Untuk masalah keuangan bisa didapat dari pogram CSR yang menjadi kewajiban perusahaan-perusahaan, dapat pula dari pemerintah pusat atau Provinsi yang mempunyai anggaran budaya dan pariwisata, bahkan dana hibah dari luar negeri. Itulah sumber-sumber yang harus dikejar pemerintah daerah jika APBD tidak bisa mencukupi,” ungkapnya.

Dengan demikian tidak ada lagi alasan kuat untuk mengatakan keterbatasan anggaran semuanya tergantung dari kemauan Pemkot dalam merangkul masyarakat khususnya para pelaku seni budaya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan