Fokus Modernisasi Alutsista

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan, perayaan HUT ke 70 menjadi momentum untuk merevitalisasi doktrin Swa Bhuwana Paksa TNI AU. Salah satunya dengan operasi udara strategis composite strike yang dinilai perwujudan dari doktrin tersebut.

“Setelah melaksanakan operasi dukungan, sebelum masuk pasukan lain kita harus melakukan serangan langsung. Kita sasar sasaran-sasaran stategis, baru yang lain masuk,” ujarnya usai perayaan di Lanud Halim Perdana Kusuma.

Selain itu dalam perayaan tahun ini, para prajurit TNI AU diingatkan kembali untuk menjaga moral dan tetap rendah hati. Karena penerbang, kata Agus, seyogyanya merupakan sosok yang melawan kodratnya sebagai makhluk darat. “Airman (penerbang) sedikit saja lupa darat atau sombong, maka terjadi kecelakaan,” imbuhnya.

Lalu, apa perbaikan dari institusi? Marsekal bintang empat mengatakan, berbagai kekurangan yang dibutuhkan angkatan terus dipenuhi. Di antaranya penambahan radar dan alutsista lainnya. Tak hanya membeli baru, berbagai alutsista yang sudah dimiliki pun akan di-upgrade dan dimodernisasi agar lebih aman dan canggih.

“Alhamdulillah, pemerintah sudah tahu dan paham betul. Bahwa apabila negara menguasai udaranya tidak ada negara lain yang berani lewat sembarangan,” pungkas perwira kelahiran Bandung tersebut. (far/vil)

Tinggalkan Balasan