Fokus Modernisasi Alutsista

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Gemuruh tepuk tangan terdengar sepanjang perayaan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara (TNI AU) ke 70 di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta kemarin. Ribuan warga yang sejak pagi mendatangi kompleks Halim dibuat kagum dan terus berdebar.

Usai menggelar upacara yang melibatkan 1820 prajurit, pengunjung secara maraton disuguhi berbagai “unjuk kebolehan” dari 300 prajurit TNI AU dari berbagai satuan. Selain atraksi terjun payung yang melibatkan 70 personel, suguhan yang menarik perhatian pengunjung adalah drama pembebasan sandera, aerobatik pesawat udara, hingga drama serbu kota.

Dalam drama pembebasan sandera, masyarakat diperlihatkan kemahiran pasukan Datasemen Bravo Korps Pasukan Khas (Paskhas). Diawali adegan penculikan, puluhan personel Den Bravo yang datang menggunakan Helikopter Puma langsung mengepung lokasi. Dengan kemampuan, kecepatan dan senjata yang dimilikinya, pasukan elit TNI AU itu mampu menaklukkan penyandera tanpa kehilangan apapun.

Detak jantung belum juga normal, pengunjung sudah kembali dikejutkan dengan aksi aerobatik penerbang handal TNI AU. Dari arah timur Lanud Halim, segerombolan pesawat tampak berjalan beriringan mendekati arena pertunjukkan. Tak lama kemudian, 16 pesawat Grob G-120 TP datang membentuk angka 70 di langit Jakarta.

Selang beberapa waktu, Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang menggunakan 6 pesawat KT-1 Woong Be tiba dan menunjukkan kemahirannya. Tidak hanya memperlihatkan manuver cantik dengan asap yang dikeluarkannya, tim yang bermarkas di Jogjakarta itu memertontonkan adegan yang menegangkan.

Misalnya, saat pilot melakukan manuver tegak lurus ke atas, tiba-tiba pesawat dibuat kehilangan tenaga, sehingga terjun bebas ke bawah. Namun sebelum menyentuh tanah, pilot langsung menggeber pesawat buatan Korea Selatan itu ke udara.

Sementara itu, demonstrasi composite strike yang melibatkan 16 pesawat tempur menjadi suguhan terakhir perayaan HUT TNI AU. Di antaranya 4 Pesawat Sukhoi 27/30, 4 pesawat F-16 C, 4 pesawat Hawk 100/200, dan 4 pesawat T-50i Golden Eagle.

Derungan 16 pesawat canggih TNI AU itu menciptakan kebisingan dan ketegangan pengunjung. Terlebihi, saat pesawat T-50i Golden Eagle dari Skuadron 15 Lanud Iswahjudi Madiun mendemonstrasikan serangan udara langsung (SUL) dalam drama serbu kota.

Tinggalkan Balasan