FOBI Meriahkan Cap Go Meh

”Acara Barongsai ini untuk memeriahkan tahun baru Imlek sesuai tradisi kami untuk memohon berkah kepada tuhan. Agar Negara Republik Indonesia selalu dalam keadaan aman, damai, maju, dan sejahtera,” harapnya.

Untuk saat ini, di Jawa Barat, atlet-atlet olahraga Barongsai sudah dilatih untuk persiapan ekshibisi PON XIX yang akan dilaksankan 17-29 September 2016 .

”Sebagai tuan rumah, kita ingin menjadi yang terbaik. Meraih gelar juara umum, meski hanya dipertandingkan sebagai cabang olahraga ekshibisi,” ucapnya.

Di Indonesia, pertunjukan Barongsai sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Meski demikian, tak ada perubahan berarti yang terjadi pada kebudayaan Tiongkok itu.

FOBI bukan sekedar kesenian dan hiburan. Namun dibentuk seolah menandakan, bahwa Barongsai sudah siap menjadi bagian dari olahraga nasional. Hal ini dipandang positif, yang berarti Barongsai sudah diakui sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

”Barongsai bisa dikatakan sebagai olahraga karena memakai kekutan fisik, yaitu otot untuk menopang kepala boneka dan pemain,” pungkasnya. (a1/lil/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan