Dukung Pemerataan Pendidikan dengan Pembentukan Perguruan Tinggi

bandungekspres.co.id– Rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendirikan program studi di luar domisili (PDD) mendapat dukungan dari Menristek Dikti. Pasalnya, rencana yang digagas Gubernur Jabar Ahmad Heryawan tersebut sebagai salah satu bentuk pemerataan bidang pendidikan, khususnya keberadaan perguruan tinggi negeri.

Menristekdikti Muhammad Nasir mengatakan, program ini snagat baik dilakukan selain untuk pemerataan pendidikan didaerah program ini juga bisa melahirkan sumber daya manusia didaerah tersebut (SDM)

’’Inikan nantinya bisa memberikan kontribusi SDM dimana pendirian program studi tersebut bisa langsung diakomodir di daerah itu seperti untuk kawasan industri atau yang lainnya,” jelas Nasir dalam rilis yang disampaikan kepada Bandung Ekspres, kemarin.

Selain memberikan dampak positif untuk SDM, PDD ke depan bisa mengembangkan berbagai penelitian dan riset riset yang menunjang teknologi dan pembangunan nasional.

’’Negara-negara maju sudah melkukan ini dan harapannya Indonesia di bidang riset harus dilakukan diseluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia,” kata dia.

Dirinya menilai, penelitian yang dilakukan perguruan tinggi ini hendaknya harus sinkron dengan kebutuhan yang ada, khususnya untuk pemenuhan industri di berbagai bidang.

Kebutuhan di bidang kesehatan, manufaktur, dan lainnya perlu ditingkatkan agar bangsa ini memiliki daya saing dan punya peran di bidang penelitian di dunia internasional.

Nasir menambahkan, PDD bisa juga untuk meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian didaerah dan pemerataan di dunia pendidikan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Deddy Mizwar mengatakan, rencana pengembangan pendidikan ini sebetulnya sudah direncanakan sejak lama sebagai bentuk pemerataan keberadaan perguruan tinggi negeri jangan berpusat di Kota Bandung saja.

’’Di Bandung itukan sudah padat dan julah mahasiswanya juga sudah banyak, mungkin sudah jutaan mahasiswa luar daerah yang kuliah di Bandung,” ucap Deddy.

Deddy berpendapat, dengan rencana pembangunan perguruan tinggi di Kota Cirebon dan kota lainnya ini diharapkan masyarakat khususnya dari luar Jabar yang akan menempuh kuliah di Jabar memiliki banyak pilihan sebab kedepat dikota lainpun di Jabar akan ada perguruan tinggi negeri.

Untuk mewujudkan ini, pihaknya telah melakukan berbagai langkah komunikasi dnegan berbagai perguruan tinggi negeri yang ada di Jabar seperti ITB, IPB dan UI di Depok untuk membuka program studinya di luar daerah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan