oleh

Dorong Modal 42 Ribu UMKM

Selain memberikan kemudahan perizinan, pemerintah daerah melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Bandung Barat juga melakukan pembinaan pemasaran bagi para pelaku UMKM. Berbagai pelatihan tersebut untuk meningkatkan omset penjualan dan daya saing usaha mikro dan kecil. ’’Pelatihan yang rutin digelar di antaranya berupa pengemasan. Selain pelatihan, kami juga memberikan bantuan alat pengemas. Dengan kemasan yang baik, produk UMKM KBB bisa tembus pasar nasional bahkan luar negeri,’’ kata Elin Suharliah, Ketua Dekranasda KBB.

Sementara itu, Asisten Manager Bisnis Mikro BRI Cabang Cimahi Iim Rohimat mengungkapkan, pihaknya akan memberikan Kartu Usaha Mikro dan Kecil bagi pelaku UMKM yang telah memiliki izin. Kartu tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan bantuan modal dari BRI melalui KUR. ’’Semua jenis usaha bisa mendapatkan KUR. Besarnya KUR ini antara Rp 500.000 – Rp 25 juta, tergantung pada jenis usahanya,’’ sahut Iim.

‪Untuk mendapatkan KUR, syaratnya cukup mudah. Pelaku usaha tinggal membawa identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga serta izin usaha yang diperoleh dari kecamatan ke Kantor BRI terdekat. Sejak awal tahun hingga Maret 2016, sebut Iim, BRI telah menggelontorkan dana Rp 81 miliar untuk 5.800 debitur yang merupakan para pelaku usaha. Hingga akhir tahun nanti, dia menargetkan penyaluran dana KUR hingga Rp 274 miliar. ’’Kami ingin memberikan keringanan juga bagi para pelaku usaha yang mendapatkan KUR ini dengan bunga di bawah 1 persen,’’ tandasnya. (drx/vil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.