Dinkes Kabupaten Bandung Bidik 357.885 Balita

Ingat PIN Polio 8-15 Maret 2016

bandungekspres.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung telah mempersiapkan 4.318 pos untuk pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan 8-15 Maret 2016 mendatang. Sebanyak 357.885 balita dibidik untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Achmad Kustidjadi mengatakan, PIN dengan melibatkan 1.440 tenaga kesehatan sebagai supervisor dan 12.954 tenaga kader. Nantinya setiap Pos PIN ini akan dilayani oleh tiga orang kader yang sudan terlatih, dengan tugas menggerakan masyarakat untuk datang ke Pos PIN. Kemudian, mengatur alur pelayanan imunisasi, mencatat hasil imunisasi serta memberikan tanda pada kuku jari kelingking kiri anak.

”Kalau tugas suvervisor antara lain mengoordinir setiap tiga sampai lima Pos PIN, untuk memastikan pelaksanaan PIN agar berjalan baik. Di samping memantau kecukupan logistik,” ujar Achmad di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung, Soreang, seperti dikutip dari galamedia.news.com kemarin (3/3).

Achmad berkeyakinan, pelaksanaan PIN di Kabupaten Bandung bisa mencapai lebih dari 95 persen. Hal ini mengacu pada antusiasme masyarakat terhadap pelaksanaan PIN yang cukup tinggi. Faktor pendukungnya, sarana dan tenaga pelayanan cukup tersedia. ”Di samping keterlibatan para kader di setiap RW masih sangat aktif,” ucapnya.

Di sisi lain, dia tidak memungkiri kendala masih ada. Tapi dia yakin, persentasinya sangat sedikit. ”Contohnya, penolakan imunisasi karena alasan keyakinan,” ucapnya.

”Untuk mengatasinya kami lakukan pendekatan secara persuasif sambil menerangkan faedah imunisasi polio bagi perkembangan balita,” tambahnya.

Menurutnya, sarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan PIN Polio, sudah cukup memadai. Seperti jumlah vaksin polio telah dipersiapkan sebanyak 16.846 buah, thermos 4.266 buah, vaccine carrier 1.667 buah dan lemari es sebanyak 75 buah.

Selain di Pos PIN yang ada di bawah koordinasi Dinkes Kabupaten Bandung, pelayanan PIN Polio juga bisa dilakukan di setiap puskesmas, puskesmas pembantu, klinik swasta, pos yandu, polindes, poskedes atau rumah sakit. Waktu pelayanan dimulai pukul 08.00 sampai selesai tanpa dipungut biaya. (zyn/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan