Dewan Dukung Percepatan Pembebasan Lahan BIJB

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Ketua Komisi IV Ali Hasan mendukung langkah Pemprov Jabar dalam percepatan pembebasan lahan untuk Kelanjutan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

Menurutnya , dengan pembentukan Tim khusus yang terdiri atas unsur seperti Kapolda, Kejati dan BPN diharapkan permasalahan pembebaam lahan cepat tertangani. ”Pembebasan harus dapat segera diselesaikan kerena mengingat lahan untuk bandara itu sangat diperlukan  untuk pelebaran runway,” jelas Ali ketika ditemui di ruang Komisi DPRD Jabar kemarin (9/11).

Ali menilai, dengan terbentuknya Timsus ini, maka tim harus segera melakukan pendekatan terhadap warga yang memiliki lahan. Dengan begitu, bila upaya ini mendapat gangguan keamanan maka aparat bisa bertidak.

Di samping adanya timsus, dia juga berharap tokoh masyarakat bisa ikut terlibat. Dengan harapana, memberikan hasil maksimal. Termasuk kontribusi Pemerintah Daerah, Kabupaten Majalengka untuk memuluskan pembebasan lahan ini.

”Bupatinya Pak Sutrisno juga harus turun. Ini kan warganya, tentunya bantuan beliau sangat diharapkan sekali,” ujar dia.

Ali memaparkan, sebetulnya pada saat melakukan kunjungan kerja ke area lahan BIJB permasalahan ini tidak ada. Namun pada waktu itu, pihaknya menyarankan agar lahan yang telah diberikan ganti rugi agar dilakukan pengamanan dengan memasang pagar agar tidak dikuasai kembali oleh oknum masyarakat.

”Kalau saya lihat, tidak semua warga menolak dibebaskan. Tapi berdasarkan informasi ada oknum warga yang melakukan penekanan supaya masyarakat  pemilik lahan tidak menjual tanahnya ke pemprov,” paparnya.  ”Mereka ingin menunjukkan kesan kompak,” sambungnya. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan