Desak Selidiki Penyelewengan Dana Reses

bandungekspres.co.id– Gabungan LSM Kabupaten Bandung melakukan unjuk rasa di depan Kejaksaan Negeri Bale Bandung di Jalan Jaksa Naranata, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, kemarin (3/2). Mereka mendesak Kejaksaan serius menangani kasus dana reses yang diduga disalahgunakan oleh DPRD Kabupaten Bandung pada 2015 lalu.

LSM
TUNTUTAN: Sejumlah anggota LSM saat melakukan aksi unjuk rasa di Kejari Bandung kemarin (3/2).

Puluhan massa tersebut berasal dari gabungan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terdiri dari Bangkit Indonesia, Pusat Sumber Daya Komunitas (PSDK), Aliansi Gerakan Reformasi Agraria (AGRA), Jaringan Rekonsiliasi Umat Manusia (Jarum) dan Komite Peduli Jawa Barat (KPJB) Kabupaten Bandung.

Dalam orasinya, mereka meminta Kejari Bale Bandung segera menindaklanjuti kasus tersebut. Karena perbuatan dugaan manipulasi data atau dokumen laporan kegiatan reses tersebut, sangat melukai perasaan rakyat. Sebab, selama ini rakyat menggantungkan harapannya agar aspirasi mereka bisa tersalurkan melalui wakil mereka. Namun nyatanya, kegiatan reses oleh anggota DPRD tersebut, malah diselewengkan dengan tujuan untuk memperkaya diri sendiri.

Sekertaris LSM Bangkit Indonesia Yadi Wigandi mengatakan, pihaknya minta ketegasan dari Kejari Bale Bandung dalam penegakan hukum terhadap dugaan penyelewengan dana reses ini. ”Kami akan terus dorong dan awasi Kejari Bale Bandung, tidak ada alasan bagi penegak hukum ini untuk tidak menindaklanjutinya, karena kami sudah menyerahkan bukti-bukti dugaan penyelengan ini,” kata Yadi kemarin.

Yadi mengungkapkan, sejak pihaknya menyerahkan laporan pada (27/1) lalu, hingga saat ini, pihaknya merasa belum ada tindak lanjut apapun dari pihak Kejari Bale Bandung. Sehingga, dia bersama koalisi LSM Kabupaten Bandung sengaja mendatangi Kantor Kejari Bale Bandung, untuk meminta kejelasannya. ”Kami tak mau kasus ini menguap tanpa kejelasan,” tegasnya. ”Kami berjanji akan terus mengawal kasus ini. Bahkan tak hanya soal kasus dana reses saja, kami pun akan terus mengawasi berbagai dugaan penyelewengan yang terjadi di DPRD maupun di Pemerintah Kabupaten Bandung,” tambahnya.

Ketua KPJB Kabupaten Bandung Lili Muslihat menjelaskan, kedatangan gabungan LSM ini untuk menagih janji Kejari Bale Bandung yang telah menyatakan kesiapannya untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Tinggalkan Balasan