Dejan Kesulitan Ubah Gaya Bermain Persib

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Sudah empat bulan Dejan Antonic menggantikan Djajang Nurdjaman di posisi pelatih Persib Bandung. Meski begitu, pelatih asal Serbia itu merasasulit untuk membawa tim besutannya itu ke puncak performa. Lambannya pemain memahami visi dari strategi yang dia sampaikan menjadi salah satu faktor.

Dejan ingin menerapkan permainan cepat dengan penguasaan bola masif. Setiap pemain harus terbiasa bermain dengan bola-bola pendek yang cepat. Namun, sampai saat ini Atep Rizal dan kawan-kawan masih saja doyan bermain dengan bola-bola panjang.

”Anak-anak belum bisa bermain sesuai dengan yang saya inginkan. Tapi, itu tidak masalah bagi saya,” kata Dejan Antonic, kemarin (26/4).

”Karena untuk mengubah cara bermain sebuah tim memang tidak gampang, butuh waktu lama dan kerja keras secara konsisten,” kata mantan pelatih Persipasi Bandung Raya itu.

Salah satu problem yang membuat Dejan selalu geleng-geleng kepala tanda tak puas adalah kebiasan pemain belakang yang doyan memberikan bola secara langsung kepada para striker di depan. Padahal, jarak antara pemain yang memberikan umpan dan yang diumpan saling berjauhan. Bagi Dejan, pola bermain seperti itu tidak efektif.

”Bukan semua pemain, tapi ada beberapa yang kurang mengerti maksud dari cara bermain yang saya inginkan. Padahal, mereka harus lebih mengedepankan proses. Bola harus dari belakang ke tengah dulu, baru mengalir ke depan, biar serangan bisa lebih efektif,” beber pria yang pernah memperkuat Persebaya Surabaya ini.

Dalam kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC)A nanti, manajemen Persib memutuskan hanya mendaftarkan 25 pemain dari total 27 pemain yang mereka miliki saat ini. Nah, dua pemain yang tidak didaftarkan nanti, akan dipinjamkan ke klub lain. Hanya saja, mereka masih merahasiakan siapa saja pemain yang didaftarkan itu. (ben/pra/jpg/tom/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan