Dasawisma Ujung Tombak Program PKK

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Wali Kota Cimahi Atty Suharti berharap besar agar Dasawisma menjadi ujung tombak pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program pemerintah karena sebagai mitra. Selain itu, Dasawisma diharapkan dapat memantau sekaligus mengantisipasi muncul serta berkembangnya penyakit.

Seperti diketahui, kader Dasawisma merupakan salah satu organisasi yang telah ada dan diakui manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Pembinaan yang dilakukan Dasawisma bertujuan agar perempuan dapat berperan sebagai mitra sejajar pria dalam pembangunan antara lain melalui pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah, peningkatan derajat kesehatan dan gizi serta peningkatan kesejahteraan keluarga.

Selain itu ada ekonomi atau pendapatan keluarga yang tak kalah penting diberdayakan dalam dasawisma adalah peningkatan kesehatan dan spritual.

”Dasawisma diharapkan dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi,” katanya saat menghadiri kegiatan Pembinaan Dasawisma di Kelurahan Cipageran, Rabu (11/5) lalu.

Menurut Atty, banyak hal yang dapat dilakukan melalui Dasawisma seperti melaksanakan kegiatan kerjabakti, mengadakan lomba mengambil jentik sehingga dapat mengantisipasi munculnya penyakit demam berdarah.

Dalam hal administrasi, keberadaan Dasawisma bisa memperbarui data di setiap kepala keluarga, usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana (kb).

”Dengan begitu keberadaan Dasawisma akan mempermudah koordinasi dan jaringan. Sehingga program-program PKK maupun yang melibatkan PKK dapat berjalan tepat sasaran,” ujarnya. (pem/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan