Darajat Ada di Zona Merah

bandungekspres.co.id – Kawasan Darajat di Kecamatan Pasirwangi termasuk ke dalam zona merah, sehingga potensi terjadinya bencana alam di kawasan tersebut sangat tinggi. Masyarakat dan wisatawan yang berada di kawasan Darajat diimbau untuk lebih hati-hati karena bencana bisa datang sewaktu-waktu tanpa bisa diduga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut Dadi Djakaria mengatakan, bila pihaknya telah berupaya memberikan peringatan dengan memasang rambu peringatan rawan bencana. Rambu peringatan tersebut dipasang sepanjang jalan kabupaten menuju kawasan yang dijadikan lokasi objek wisata Darajat.

’’Rambu peringatan tersebut sudah kami pasang sejak tahun 2015 tapi, satu pekan yang lalu ditambah lagi karena berdasarkan laporan yang diterima BPBD cegah siaga di sana harus lebih diutamakan. Untuk Darajat juga sudah ada kajian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dan hasilnya beberapa lokasi di Kecamatan Pasirwangi rawan terjadinya bencana alam seperti longsor,’’ ujarnya, kemarin.

Diantara titik-titik di Kecamatan Pasirwangi tersebut, ungkap Dadi, kawasan wisata Darajat pun rawan longsor sehingga BPBD sudah berupaya memberikan papan peringatan. Papan peringatan tersebut bertulisakan hati-hati rawan longsor.

’’BPBD mengimbau kepada semua pihak, bukan hanya wisatawan yang harus waspada, tapi masyarakat di sana juga harus meningkatkan kesiapsiagaan, pencegahan dan kehati-hatian terhadap bencana alam. BPBD pun tidak menyangka beberapa hari yang lalu terjadi bencana banjir bandang akibat luapan Sungai di Kecamatan Pasirwangi,’’ katanya.

Menurutnya, kewaspadaan harus dilakukan, sebab bencana tidak bisa ditentukan, sehingga disebutnya rawan yang bermakna bisa terjadi bisa tidak. Meski kawasan Darajat sebagai area rawan bencana, kawasan tersebut belum dipasang alat pendeteksi longsor.

’’Sebelum memasang alat pendeteksi longsor harus ada kajian terlebih dahulu dari para ahli dan beberapa instansi terkait, belum ada juga informasi untuk melakukan pemasangan alat pendeteksi longsor di Kecamatan Pasirwangi, tidak sembarangan pemasangan alat pendeteksi longsor, ibarat pemasangan tower ada semacam alat khusus,’’ tukasnya. (igo/vil)

Tinggalkan Balasan