Ceko Memburu Pengganti Cech

Sama seperti Ceko, Republik Irlandia juga memasukkan debutan banyak, sekitar lima pemain. Kelima pemain debutan itu antara lain Matt Doherty (Wolverhampton), Christopher Forrester (Peterborough), Jonny Hayes (Aberdeen), Alan Judge (Brentford), dan Eunan O’Kane (Bournemouth).

Bedanya, Martin O’Neill sebagai juru racik strategi The Green Army – julukan tim Irlandia – melakukannya bukan untuk mencari pengganti pemain vitalnya. Tetapi ingin mencari gambaran 23 pemain skuad terbaiknya. Makanya, ada 41 pemain yang dipanggil untuk dua laga uji coba. Robbie Keane dkk akan menjamu Swiss (26/3) dan Slovakia (30/3) di Dublin.

Dilansir Sportmole, O’Neill menyebut dua laga itu baru saringan pertama. ’’Tapi, akan kami tentukan lagi setelah pertandingan melawan Belanda (27 Mei mendatang). Dari situ baru akan ketahuan siapa saja pemain yang akan kami bawa ke Prancis,’’ ungkap O’Neill.

Menurut O’Neill, seleksi dalam jumlah besar ini untuk memberi kesempatan bagi pemain yang pernah ataupun yang belum pernah membela Irlandia. Karena, Euro hanya program jangka pendek. Irlandia punya program jangka panjang setelah Euro, yaitu lolos ke Piala Dunia 2018.

Nah, O’Neill pun akan memulainya dari Prancis. Karenanya dia menyeleksi para pemain ini dalam jumlah besar. ’’Saya mengakomodasi pemain muda yang sekarang ini sedang bersinar, begitu juga pemain tua yang ingin mengakhiri karir timnasnya. Selama kualifikasi, ada satu atau dua pemain yang sudah menunjukkan dirinya layak. Namun, di sinilah saya ingin memberi tahu mereka, ada 23 tempat yang harus mereka perebutkan,’’ sebutnya. (ren/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan