Ceko Memburu Pengganti Cech

REPUBLIK Ceko sudah panik. Meski hanya kehilangan satu pemain paling vital, namun cukup dengan kehilangan Petr Cech saja Ceko sudah dilanda kepanikan luar biasa. Pavel Vrba sebagai pelatih negara berperingkat 25 FIFA itu pun sampai harus mencari solusi di bawah mistar.

Khusus untuk dua laga uji coba Skotlandia (25/3) dan Swedia (30/3), dua pemain debutan di bawah mistar pun dipanggilnya. Adalah Ales Hruska dan Tomas Koubek yang akan memulai debutnya untuk Ceko. Selain dua penjaga gawang itu, Tomas Vaclik yang selama ini jadi pelapis Cech pun tetap dipanggil.

Cedera kunci paha Cech diprediksi sudah pulih sebelum Euro 2016, Juni nanti. Di dua laga uji coba ini, Vrba akan melihat potensi tiga penjaga gawang ini untuk melapisi Cech di Prancis mendatang. ’’Dua laga ke depan adalah kans terakhir mereka supaya bisa bermain di Euro,’’ ucapnya, sebagaimana dikutip dari CCP Sport.

Dari data Transfermarkt, Vaclik dan Koubek bisa bersaing untuk menjadi starter di dua laga uji coba itu. Melihat rekam jejak performanya semusim terakhir di klubnya masing-masing, dua pemain ini nyaris berimbang. Vaclik misalnya. Bermain di Swiss bersama FC Basel, pemain 26 tahun itu kebobolan 35 gol dari 32 penampilan.

Atau per laga dia kebobolan 1,09 gol. Selain itu, pemain kelahiran Ostrava itu juga mampu mencatatkan 11 cleansheet. Bagaimana dengan Koubek? Bermain di klub elit Ceko, Slovan Liberec, penjaga gawang 23 tahun itu punya rerata kebobolan per game lebih bagus dari Vaclik, 1,07 gol. Hanya, Koubek hanya 10 kali melakukan cleansheet. ’’Itulah mengapa saya memanggil keduanya sekarang,’’ sebutnya.

Ceko menjadi salah satu negara kontestan Euro 2016 yang memanggil debutan terbanyak. Selain Hruska dan Koubek, masih ada empat pemain debutan lain yang juga dipanggil Vrba. Tiga di antaranya pemain Sparta Prague, seperti Jakub Brabec, Martin Frydek, dan Lukas Marecek.

Sedangkan satu lainnya dari Mlada Boleslav, Jakub Rada. ’’Ketiga pemain itu kami panggil seiring dengan performa bagusnya di Sparta Prague (lolos ke perempat final Europa League),’’ ucap pelatih berusia 52 tahun itu. Khusus untuk Frydek dan Marecek, kemungkinan untuk menutup absennya Tomas Rosicky. Karena, kedua pemain itu sama-sama bisa beroperasi sebagai gelandang tengah. Posisi itu yang biasanya diisi Rosicky.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan