Bupati Harus Mutasi PNS Malas

bandungekspres.co.id, SOREANG – Pemerintah dinilai harus focus dalam pengawasan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nakal. Sementara, memaksimalkan kinerja Satpol PP juga dipandang tak selamanya memberikan efek jera.

Pengamat Politik dan Pemerintah Universitas Padjadjaran (Unpad) Muradi megatakan, kunci utama untuk bisa menegakan kedisiplinan para PNS ini berada di pimpinan dalam hal ini Bupati Bandung.

”Mekanisme pengawasan hukumnya seperti apa dari pimpinan, lalu inspektoratnya bagaimana. Kalau saya menganggap, harus ada hukuman yang bisa lebih membuat efek jera,” kata Muradi kemarin (4/4).

Muradi mengungkapkan, ketika Pemkab Bandung hanya mengandalkan Satpol PP dengan berpatroli, penindakan akan seperti seperti kucing-kucingan antara petugas Satpol PP dengan para PKL.

”Yang jadi pertanyaan, apa hukuman dari Satpol PP. Sebab, yang ditakuti PNS itu kan, disanksi bisa diturunkan jabatannya atau diberhentikan. Selama itu tidak dibuktikan, saya pesimistis Satpol pp bisa memberikan dampak positif untuk kedisiplinan PNS,” ungkapnya.

Ketika pengawasan yang sangat lemah, tutur Muradi, minimnya kesadaran dari PNS untuk lebih meningkatkan kinerja dan kedisiplinannya, jelas ini sangat jauh dengan semangat Nawacita yang diinginkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

”Nawacita ini sering kali dipahami PNS hanya sebuah tulisan, tapi pelaksanaannya untuk membuat mereka disiplin kerja tidak ada. Makanya jauh sekali kalau mau dibandingkan dengan Nawacita pak Presiden,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Yayat Hidayat mengatakan, selama ini memang sudah ada peningkatan kierja yang diperlihatkan Satpol PP. Tetapi, peningkatan tersebut masih belum begitu maksimal khususnya dalam menjalankan tugasnya sebagai Penyidik PNS (PPNS).

”Satpol PP belum maksimal. Sebab, sebagai PPNS dalam hal ini masih banyak PNS yang bolos atau berkeliaran saat jam kerja. Berarti itu jadi pekerjaan rumah dari Satpol PP,” kata Yayat.

Menurut Yayat, saat ini tidak sedikit PNS yang masih suka terlihat berkumpul di kantin-kantin yang ada di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung pada saat jam kerja. Berarti menandakan, pengawasan kepada para PNS tersebut belum maksimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan