Blangko KTP Jangan Jadi Alasan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Kekurangan blangko KTP Elektronik, jangan menjadi alasan bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat Kota Cimahi.

Anggota Komisi I Dewan Perawakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Siti Yanti Abithini mengatakan, pihaknya masih mendengar aspirasi dari masyarakat tentang keterlambatan pembuatan E-KTP tersebut. ”Karena masyarakat Cimahi tidak paham dengan mekanisme dan teknis yang ada,” ungkap Siti, saat menghadiri Gerak jalan Sehat di Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara, belum lama ini.

Menurut Yanti, pelayanan publik seperti pembuatan adminstrasi kependudukan ini merupakan salah satu pelayanan yang harus diterima oleh warga Kota Cimahi. Hal ini bisa diantisipasi oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dengan data-data yang dimilikinya.

”Bahkan di rapat dengan Komisi I kami juga pernah membahas dan meminta kepada SKPD terkait untuk maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala  Disdukcapil Kota Cimahi Suiryadi mengungkapkan, ”Tinggal sedikit lagi warga Cimahi yang belum memiliki KTP elektronik,” ungkapnya, Selasa (23/8).

Suryadi menegaskan, selain terus melakukan sosialisasi, pihaknya juga akan secara langsung turun ke masayarakat untuk melakukan perekaman E-KTP. Selain perekaman, lanjut dia, pihaknya juga akan mengebut untuk percetakan.

Sebab, sampai saat ini masih ada E-KTP yang belum dilakukan percetakan. ”Mudah-mudahan mulai hari ini(23/8), kita kebut lagi (perekaman dan percetakan),” tegasnya.

Surtadi menyebutkan, berdasarkan data konsolidasi bersih dari Kemendagri, saat ini di Kota Cimahi yang wajib memiliki E-KTP mencapai 360.520 jiwa. E-KTP yang sudah terekam mencapai 359.184 jiwa sedangkan data yang belum terekam ada 1.336 jiwa dan E-KTP yang belum dicetak 5.511 jiwa.

Sementara Kepala Bidang Kependudukan, Disdukcapil Kota Cimahi Dessy Setiawati pihaknya optimis bisa menuntaskan perekaman dan pencetakan E-KTP. Apalagi, blanko baru sudah datang dari pusat.

”Kami bersyukur Blanko KTP elektronik  sudah datang,” terangnya.

Untuk  mempercepat perekaman dan pencetakan, pihaknya senantiasa menghimbau kepada masyarakat, khususnya RT/RW untuk proaktif terhadap pembuatan E-KTP. ”Kita melakukan himbuain. Apalgi ini kewajiban masyarakat (pembuatan KTP) untuk memiliki adaminsitrasi kependudukan,” pungkasnya. (bun/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan