BI Tingkatkan Literasi Perbankan

bandungekspres.co.id, CIBIRU – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Barat terus mendorong literasi keuangan masyarakat dengan me-launching BI Corner di sejumlah area publik. BI Corner merupakan salah satu program dari Bank Indonesia yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Cerdas.

Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Rosmaya Hadi menjelaskan, Bank Indonesia menginisiasi program BI Corner untuk mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat mengenai keberadaan dan peran Bank Indonesia.

”Guna mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan, pada BI Corner ini kami menyediakan koleksi buku berkualitas di masyarakat,” ujar Rosmaya saat peresmian BI Corner di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Jalan AH. Nasution, Cibiru, kemarin (8/11).

Menurut dia, menyikapi pesatnya pertumbuhan ekonomi di Bandung khususnya dan Jawa Barat umumnya, mutlak dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. ”Generasi berkualitas ini perlu dipersiapkan, demi menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Upaya dasar dari kesiapan SDM ini dengan peningkatan kualitas pendidikannya,” kata Rosmaya.

Rosmaya menambahkan, Bank Indonesia yang fokus meresmikan BI Corner di beberapa lokasi dan kini memilih Kampus UIN memiliki BI Corner karena tidak terlepas dari upaya untuk menciptakan generasi gemar membaca, dimulai dari anak-anak usia dini hingga mahasiswa.

”Dengan hadirnya BI Corner ini juga bisa dimanfaatkan sebagai perpanjangan tangan dari perpustakaan khusus yang dimiliki oleh setiap kantor perwakilan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan Bank Indonesia, tentunya diperlukan kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak sebagai mitra strategis dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat tersebut, termasuk kerja sama dengan UIN Sunan Gunung Djati.

Untuk BI Corner di kampus UIN tersedia 430 buku. Tak hanya buku soal keuangan dan perekonomian, buku yang tersedia di BI Corner ini memiliki tema beragam. Seperti buku perihal fesyen muslim karena menilik UIN merupakan kampus berbasis Islam.

”Buku yang ada di BI Corner ada tentang moneter, stabilitas sistem keuangan an sistem pembayaran, serta ada juga buku pembelajaran untuk masyarakat, seperti bagaimana cara menyimpan uang,” kata Rosmaya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan