Bekali Masyarakat Kurang Produktif

bandungekspres.co.id – Pangdam III/Siliwangi dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Wuryanto mengatakan, Kodam III/Siliwangi sangat peduli terhadap permasalahan sosial yang ada wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten, khususnya terkait dengan pengangguran yang secara langsung juga dapat menimbulkan munculnya sekelompok masyarakat tertentu yang ingin mendapatkan penghasilan dengan cara yang tidak baik, atau dikenal dengan istilah “Preman”. ’’Mereka akan diberikan pembekalan latihan keterampilan,” ujarnya sesaat setelah acara Pembekalan Wawan Kebangsaan dan Latihan Keterampilan Kepada Kelompok Masyarakat Produktif di wilayah Kodam III/Siliwangi tahun 2016, di Pusdik Bela Negara Rindam III/Siliwangi Cikole Lembang, kemarin.

Kasdam menambahkan, mereka adalah masyarakat yang mempunyai semangat yang luar biasa, memiliki keberanian, potensi yang besar, namun belum dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, Kodam bersama instansi terkait, bersinergi dan berupaya akan merubah dan mengarahkan potensi mereka agar miliki semangat dan nasionalisme sebagaimana yang diharapkan dan bertanggung jawab. Selain itu memiliki percaya diri dengan diberikan keterampilan yang mereka butuhkan.

Menurut Kasadam, upaya yang dilakukan diharapkan dapat merubah mentalitas para peserta sehingga memiliki semangat patriotisme yang tinggi. Para peserta pelatihan akan mengikuti kegiatan selama satu bulan, dengan diberikan berbagai macam pembekalam, baik wawasan kebangsaan, cinta tanah air,  maupun berbagai keterampilan terapan, yang diharapkan dapat dijadikan mereka untuk mendapatkan penghasilan.

Sedangkan Kapendam III/Siliwangi Letkol Arh Mokhamad Desi Ariyanto menambahkan, peserta yang mengikuti pelatihan di Dodik Belanegara tersebut berumur antara 18–48 tahun, berasal dari seluruh wilayah Kodam III/Siliwangi dan belum memiliki pekerjaan tetap. Dalam pendidikan itu diberikan pembekalan wawasan kebangsaan, tanggung jawab, entepreneurship, dengan harapan setelah selesai mengikuti pelatihan mereka memiliki nasionalisme dan wawasan kebangsaan yang kuat serta akan siap bekerja.

Hadir pada acara tersebut, para Asisten Kasdam III/Siliwangi, para Danrem, para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi. (rls/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan