Bayern Muenchen vs Atletico Madrid, Guardiola Dihantui Heynckes

bandungekspres.co.id – Josep Guardiola identik sepak bola menyerang dan ball possesion. Filosofi yang diadopsi dari sang mahaguru Johan Cruyff itu menghasilkan 14 trofi buat Barcelona dalam periode empat tahun saja.

Hijrah ke tanah Jerman, ilmu Guardiola seperti lesap. Bayern memang mendominasi kancah domestik. Namun untuk level Eropa dalam hal ini Liga Champions? ’Hanya’ semifinal. Padahal Guardiola didaratkan oleh tim Bavaria itu dengan harapan meneruskan sukses Jupp Heynckes meraih Si Kuping Besar 2012-2013 lalu.

Tahun ini menjadi kesempatan terakhir pria asal Santpedor Spanyol itu. Menjelang second leg semifinal Liga Champions dini hari nanti (4/5) di Allianz Arena versus Atletico Madrid, Guardiola ’dihantui’ Heynckes.

Bayern dalam kondisi terdesak menuju laga ini. Pasca kalah 0-1 di Vicente Calderon Kamis (28/4) lalu, Die Roten, julukan Bayern, harus menang dengan selisih dua gol.

Philipp Lahm dkk seperti punya trauma melawan tim-tim Spanyol. Dua musim belakangan Bayern selalu tersisih oleh tim Spanyol di semifinal. Musim ini Atletico bisa jadi tim ketiga Spanyol yang mempecundangi Bayern.

Nah, pada 2013-2014, Bayern dihentikan oleh Real Madrid. Main di Santiago Bernabeu, Bayern kalah 0-1. Kemudian di markas Bayern, Real menghancurkan Bayern 4-0. Yang bikin gondok, Real lalu menggenggam predikat La Decima atau gelar kesepuluh Liga Champions pada akhir musim tersebut.

Setahun kemudian giliran Barcelona menghancurkan Bayern. Anak asuh Luis Enrique itu menjinakkan Bayern di semifinal dengan total agregat 5-3. Bayern kalah 0-3 di Camp Nou lalu membalas dengan kemenangan 3-2 di Allinz Arena. Usai mengalahkan Bayern, Barcelona pun kampiun musim itu.

Dalam lima tahun terakhir partisipasi Bayern di fase knock out Liga Champions, hasil first leg sangat mempengaruhi hasil akhir. Hanya dua kali sejak 2010-2011, Bayern bisa comeback usai kalah di pertemuan perdana.

Pertama babak 16 besar 2011-2012 ketika bertemu wakil Swiss, FC Basel. Bayern ditekuk 0-1 di first leg di laga away. Kemudian membalas dengan dengan pesta gol 7-0 di second leg di Allianz Arena.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan