Bawaslu Jabar Buka Rekuitmen Panwas Pilkada 2017

bandungekspres.co.id , BANDUNG – Untuk menyambut Pemilihan Kepala Daerah pada 2017 di Jabar Badan Pengawas Pemilu Jabar (Bawaslu) telah membentuk tim seleksi (Timsel) untuk menjaring Paniatia Pengawas Pemilu di dua daerah yaitu Kota Tasikmalaya, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bekasi.
Ketua Tim seleksi Bawaslu Jabar Toto Sugiarto mengatakan, Setelah Bawaslu membentuk Timsel, sudah sejak kemarin pihaknya telah mengumumkan perekutan untuk menjadi ketua Panwaslu di tiga daerah yang akan diselenggarakan Pilkada serentak.
“Pengumumam penerimaan selesi Panwaslu ini sudah dipublikasikan dan pendaftarannya dibuka  dari kemarin sampai tanggal 25 April,”jelas Toto ketika ditemui di kantor Bawaslu jalan Turangga kemarin (12/4).
Menurutnya, dalam perekutan ini ada yang menjadi penekanan dan prioritas penting yaitu Calon Panwas harus memiliki Integritas dan Kapabilitas selain dipenuhinya persyaratan administratif.
Ia memaparkan, intigritas ini sangat penting sebab akan mampu menciptakan Panwas Pilkada yang mandiri, Independen  dan terbebas dari Intervensi manapun.
Selain itu, Seorang Panwas juga harus memiliki kapasitas mengenai pengetahuan pemiludan sistemnya serta pengetahuan dalam politik.
“ini juga menjadi tolak ukur dalam perikutan ini dengan pengetahuan menganai system Pemilu, dan system politik akan menjadi salah satu persyratan dan pertimbangan oleh Timsel,”kata Toto.
Selain itu, untuk persyaratan yang bersifat administrative pihaknya menyarankan kepada calon panwas untuk melihat langsung di website atau di media social yang telah dipublikasi.
Toto menuturkan, timsel ini juga sudah menyusun timeline dengan point dan target sebagai progress kedepan dalam perikutan ini.
Pihaknya akan memeriksaan berkas persyaratan pendaftar yang sudah masuk pada 26April 2016 sampai dengan 29 April 2016.
Kemudian untuk tahap pengumuman hasil seleksi administratif timsel akan mengumumkannnya pada tanggal 1 Mei yang akan dilanjutkan pada tahap penerimaan tanggapan dan masukan dari masyarakat dengan diberikan waktu pada 2 Mei 2016 sampai 6 Mei 2016 terhadap calon yang lolos seleksi secara Administratif.
“Tanggapan dari masyarakat ini akan menjadi bahan pertimbangan terhadap calon rekuitmen sehingga bila kami menenrima informasi tertentu akan segera dilakukan kroscek kebenarannya,”kata dia.
Setelah itu Timsel akan melanjutkanya kedalam tahap tes tertulis 2 Mei 2016 sampai 7 Mei 2016 dan akan diumumkan hasilnya pada tanggal 8-10 Mei sedangkan untuk tes wawancara akan dilakukan pada tanggal 11 Mei 2016 sampai dengan 13 Mei 2016 dan diumumkan paling telat pada 16 Mei 2016.

Tinggalkan Balasan