Barcelona Semakin Tancap Gas

Rayo Vallecano vs Barcelona

bandungekspres.co.id – Melihat penampilan Barcelona musim ini, mungkin hanya ada dua hal yang bisa mengganjal mereka, kalau tidak chaos antar tim, ya campur tangan Tuhan. Sejak kalah 1-2 dari Sevilla, 3 Oktober tahun lalu, sudah tidak ada lagi yang bisa menghadang laju klub besutan Luis Enrique tersebut.

Apalagi, mereka baru saja menyamai catatan Real Madrid 1988-1989, yaitu tak terkalahkan dalam 34 pertandingan beruntun.

Barcelona pun berpeluang besar mencatatkan angka 35 ketika menantang Rayo Vallecano di Campo de Vallecas dinihari nanti.

Tidak hanya itu. Bagi Enrique, dia ingin kembali menjungkalkan rekor pribadi pendahulunya, Josep Guardiola musim 2010-2011 lalu. Yakni membukukan 16 kemenangan beruntun.

Saat ini, pencapaian terbaik Enrique barulah sembilan straight wins. Karena itu, kemenangan atas Rayo bakal semakin mendekatnyanya dengan pemecahan tekor tersebut.

Secara statistik pertemuan, Barcelona begitu superior dengan selalu menang sejak 2002/2003 silam, dengan hasil terakhir menang besar 5-2 di Camp Nou, 18 Oktober tahun lalu. Tetapi, Enrique mengatakan bahwa Rayo saat ini berbeda dengan Rayo yang mereka kalahkan di pertemuan pertama lalu.

Enrique menyebut terjadi beberapa perubahan penting yang dilakukan oleh entrenador Rayo, Paco Jemez. Indikator utamanya bisa terlihat dari tujuh pertandingan terakhir, dimana Los Vallecanos, julukan Rayo, belum tersentuh kekalahan dengan dua menang dan lima kali imbang.

Selain itu, tim dengan julukan El Barca itu mulai didera macetnya organisasi tim. Pada sembilan partai musim ini, Barcelona harus bersusah payah untuk menang setelah sebelumnya kebobolan lebih dahulu.

”Aku memilih mengabaikan hasil terbaru kami,” ujar Enrique seperti dilansir AS. ”Sebab, mereka adalah tim yang berani bermain terbuka. Sehingga laga ini bakal berjalan tidak nyaman,” papar pelatih 45 tahun itu.

Menghadapi Rayo, Dani Alves tidak akan diturunkan oleh Enrique karena mengantongi akumulasi kartu kuning.

Aleix Vidal pun bakal mengisi pos Alves di sisi kanan Barca. Masuknya fullback 26 tahun itu bakal membuat Enrique melakukan beberapa perubahan detil. Hal ini berkaitan dengan style Vidal yang tidak terlalu sering melakukan overlapping. Sehingga Ivan Rakitic bakal dipasang di sisi kanan untuk menjadi jembatan alur antara Vidal dengan Lionel Messi.

Tinggalkan Balasan