Bantu Pengusaha Kecil Menengah Menghadapi MEA

Iskandar, 43, tenaga designer topi di Jalan Rahayu mengatakan, topi buatannya itu kebanyakan sudah  dibordir. Tapi dia juga bisa melayani berbagai pesanan sablon sparasi, sablon timbul, sablon bludru serta variasi warna bahan bahkan ada juga topi polosan. ”Dengan digital ini diharapkan semakin mendorong pemasaran kami ke depan,” ungkapnya.

Di bagian lain, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memiliki perhatian besar kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). ”Benar. UMKM memang menjadi salah satu fokus kami. Itu karena sektor tersebut memberi kontribusi besar bagi sektor perekonomian,” tandas Kepala PT Telkom Regional Jabar, Suparwiyanto, usai Launching Kampung UKM Digital Sentra Topi Rahayu Kabupaten Bandung.

Diutarakan, kehadiran Kampung Digital dapat membantu kinerja bisnis para pelaku UMKM. Menurutnya, sistem digital dan pemanfaatan teknologi informasi membuat para pelaku UMKM bisa mengembangkan pangsa pasar lebih luas. Ini tentunya, sambung Parwi, sapaan akrabnya, berefek positif bagi ekonomi nasional, khususnya UMKM.

Parwi menerangkan, dalam mengembangkan Kampung Digital, pihaknya mengusung sejumlah manfaat yang dapat dirasakan oleh para pelaku UMKM. Misalnya, jelas dia, dalam hal akses market yang lebih luas, akses capital yang lebih efektif, dan akses kompetitif.

Harapannya, kehadiran Kampung Digital dapat membantu tumbuh-kembangnya para pelaku UMKM, khususnya di Jabar. ”Adanya Kampung Digital, tentunya, tidak hanya jaringan pasar yang menjadi lebih luas, tetapi juga kompetensi para pelaku UMKM Jabar pun menjadi lebih kuat, mengingat ajang AEC (ASEAN Economic Community) sudah bergulir,” paparnya.

Dikatakan, secara nasional, PT Telkom menargetkan pembangunan 300-500 kampung Digital. Khusus wilayah kerjanya, ujar dia, tahun ini, pihaknya memproyeksikan sebanyak 50 kampung digital. Sejauh ini, kata dia, terbangun 10 kampung digital, antara lain, Kampung Digital Batik Trusmi (Cirebon), Kampung Digital Sentra Kaos Suci  (Kota Bandung), dan Kampung Digital Sentra Topi Rahayu (Kabupaten Bandung). (gun/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan