Bangun 170 Titik PJU Baru

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Sebanyak 1.000 dari 3.600 Penerangan Jalan Umum (PJU) di Bandung Barat mati. Hal tersebut diungkap oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan Bandung Barat, Suherman.

”Matinya lampu PJU tersebut diakibatkan oleh faktor cuaca serta kondisi lampu yang sudah lama,” kata Suherman kepada wartawan di Ngamprah, kemarin (6/11).

Biasanya, kata dia, ada batas waktu maksimal pada lampu PJU yakni hanya 2 tahun. Setelah itu, harus diganti dengan lampu yang baru.

Titik PJU yang mati, lanjut dia, berada di perkotaan, seperti di Padalarang, Ngamprah hingga Lembang. Pihaknya saat ini akan melakukan koordinasi dengan PT PLN untuk mengganti lampu-lampu yang sudah mati tersebut.

”Termasuk kita juga akan meningkatkan pemeliharaan PJU yang tidak hanya di perkotaan. Namun, hingga ke Cililin, Sindangkerta dan Gununghalu,” ujarnya.

Selain melakukan pemeliharaan terhadap PJU yang mati, lanjut dia, tahun ini pihaknya akan membangun PJU baru di sejumlah titik. Pembangunan PJU baru ini diambil dari APBD 2016 sebesar Rp1,5 miliar.

Diakui olehnya, penambahan PJU di tahun ini masih belum maksimal. Sebab, jika dilihat dari infrastruktur dan geografis di Kabupaten Bandung Barat yang memiliki 16 kecamatan, idealnya PJU bisa terpasang sebanyak 10.000 PJU.

”Ada 5 paket di tahun ini untuk pembangunan PJU baru. Di antaranya berada di Lembang, perbatasan Bandung Barat – Cimahi dan Batujajar. Totalnya ada 170 titik PJU baru yang akan kita bangun,” katanya.

Pihaknya juga akan kembali menganggarkan penambahan PJU di wilayah selatan Bandung Barat. Rencananya, akan dianggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.

Sementara itu, salah seorang warga Batujajar Andri Suhandri, 35, mengaku senang dengan adanya penambahan PJU di wilayah Batujajar oleh pemerintah daerah. ”Kalau memang benar akan dibangun PJU baru, kami senang. Karena hal itu akan memberikan dampak positif seperti kondisi jalan yang akan lebih terang,” ungkapnya.

Bila jalan sudah terang, kata dia, maka akan meminimalisir kecelakaan di jalanan. Faktanya, banyak kecelakaan kendaraan akibat jalan yang rusak serta tidak adanya penerangan dari PJU. ”Kalau tidak ada PJU seringkali gelap dan mengakibatkan kecelakaan. Makanya harus dipasang PJU baru,” pungkasnya. (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan