Austin Milik Marquez, Ducati Perlu Pikirkan Poin

bandungekspres.co.id, AUSTIN – Ketika balapan MotoGP tiba di Austin akhir pekan ini satu nama yang akan langsung diingat adalah bintang Repsol Honda Marc Marquez. Tiga musim beruntun namanya terpancang di daftar pemenang lomba di Sirkuit Austin tersebut. Kemenangan di Argentina Minggu (¾) akan melambungkan kepercayaan dirinya untuk kembali mempertahankan rekor 100 persennya.

Bukan kemenangan biasa, Marquez selalu memulai lomba di Austin dari pole position. Rekornya di semua kelas bahkan lebih mencengangkan. Tidak pernah kalah saat balapan di tanah Amerika Serikat. Masing-masing tiga kemenangan di Austin, Indianapolis, dan sekali di Laguna Seca.

Si Baby Alien sangat menyukai trek sepanjang 5,5 kilometer tersebut. Plus secara karakter juga cocok dengan motor honda. ”Ini trek dimana aku selalu merasa kuat, melakoni balapan hebat, dan bersenang-senang,” ujarnya dilansir Motorsport. Dia percaya Austin akan membawa Honda meraih hasil maksimal jika mampu mempertahankan performa di Argentina.

Menurut Marquez Austin adalah sirkuit berkarakter cepat dan membutuhkan akselerasi kuat. ”Dan itulah kekuatan Honda sejauh ini,” imbuhnya. Karena itu, jika Minggu nanti Marquez menang di Austin untuk keempat kalinya secara beruntun itu bukan hal yang mengagetkan.

Krisis Honda di uji coba pra musim seperti sudah dilewati. Kesulitan beradaptasi dengan sistem elektronik baru, ditamabah perubahan ban ke Michelin membuat semua rider harus melakukan pendekatan lebih halus pada karakter mobil 2016, apapun jenis motornya. Dan semua itu sama sekali tidak cocok dengan karakter balap Marquez yang agresif, menggebu-gebu.

Tapi satu podium di Qatar dan kemenangan Argentina membuktikan bahwa krisis Honda ternyata nothing. Namun di Austin nanti pesaing Marquez sudah pasti akan berlipat jumlahnya. Selain duo Yamaha, sekarang pasangan Andrea Iannone dan Dovizioso juga sangat kuat di atas Desmosedici GP16. Asal tak melakukan kesalahan Ducati bisa jadi momok karena di sana ada dua trek lurus panjang. ”Aku masih menyesal dengan kejadian di Termas (de Rio Hondo). Itu memang tidak seharusnya terjadi,” sesal Iannone.

Jangan lupakan juga bintang Suzuki Maverick Vinales yang sempat bermain-main dengan Valentino Rossi di Argentina sebelum tersungkur dan gagal melanjutkan lomba. Seamless geabox pada GSX-RR miliknya terbukti menambah akselerasi motor ketika melibas tikungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan