Atty Suharti Bantu Korban Puting Beliung

bandungekspres.co.id ­– Wali Kota Cimahi, Atty Suharti mengunjungi rumah korban yang rusak akibat puting beliung di RT 01/01 Kampung Cidamar, Kelurahan Pasirkaliki. Orang nomor satu di Kota Cimahi itu memberikan bantuan berupa perbaikan rumah.

Darmini (33) salah satu warga RT 01/01 Kampung Cidamar, Kelurahan Pasirkaliki mengaku terharu dengan bantuan yang diberikan Wali Kota. Dikatakannya, musibah yang dialami dirinya dan warga sekitar membuatnya merasa sedih. Pasalnya, dia harus membangun kembali rumah yang porak poranda di tengah kesulitan ekonomi.

”Saya senang dan berterimakasih kepada Ibu Wali Kota, sebagai pemimpin beliau mau menyempatkan diri terjun langsung untuk mengunjungi dan memberikan bantuan kepada kami masyarakat kecil. Saya merasa bangga punya pemimpin seperti ibu, ” katanya dengan nada haru.

Atty pun menyerahkan bantuan secara simbolis berupa bahan bangunan yang diambil dari dana rutilahu (rumah tidak layak huni). Total bantuan sendiri berjumlah variatif sesuai dengan kerusakan yang dialami.

Untuk kerusakan parah,  Pemerintah Kota Cimahi memberikan bantuan sejumlah total Rp 15 juta rupiah sedangkan untuk kerusakan ringan bantuan berjumlah Rp 5 juta rupiah. ”Program rutilahu yang ada sejak tahun 2007 ini bisa berjalan secara terus menerus dan selalu dianggarkan pada tiap tahunnya. Ada juga dana kimrum (pemukiman dan perumahan), walau dana yang dianggarkan terbatas namun ada dana tidak terduga yang khusus digunakan untuk kebutuhan dengan kerusakan yang cukup parah. Tapi, jika kerusakan masih bisa ditangani oleh SOPD (satuan organisasi perangkat daerah) maka cukup SOPD yang menanganinya,” tuturnya.

Seperti dikabarkan, tiga rumah di Kampung Cidamar RT 01/01 Kelurahan Pasirkaliki Kota Cimahi rubuh  akibat dampak hujan disertai angin puting beliung yang terjadi beberapa waktu lalu. ”Alhamdulillah dengan keterbatasan pemerintah dalam memberikan bantuan, ada keswadayaan masyarakat yang membantu sehingga Inysa Alloh rumah yang rubuh tersebut dapat dibangun kembali,” kata Atty, usai mengunjungi korban. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan