Arsenal Gagal Juara, Wenger Kritik Fans

LONDON – Arsenal dipastikan menyudahi musim ini tanpa gelar juara. Atas hasil itu Arsene Wenger menyoroti suporter The Gunners yang dinilainya tidak memberikan dukungan penuh.

Sudah tersingkir dari empat turnamen yang mereka ikuti, perjuangan yang tersisa untuk Arsenal saat ini adalah mendapatkan tiket menuju Liga Champions musim depan. Saat musim ini berakhir, The Gunners akan genap 12 tahun puasa gelar Premier League.

Dalam kondisi tersebut tekanan pada Wenger datang makin kuat. Jika sebelumnya hanya dari media, manajer asal Prancis itu kini juga harus berhadapan dengan suporternya sendiri dan mantan pemainnya yang kini sudah jadi pundit tayangan televisi.

Wenger malah terang-terangan menyatakan suporter Arsenal bertanggung jawab atas atmosfer buruk yang mereka ciptakan di Emirates Stadium. Atmosfer yang membuat Mesut Oezil dkk kerap kalah oleh tim kecil di kandang dan berbuntut pada kegagalan memenangi Premier League.

”Kami kalah dalam persaingan liga menghadapi tim-tim kecil, tapi kami bermain di kandang dalam suasana yang sulit. Kita harus menyadari itu, di laga away kami adalah juara, pemenang. Di kandang, menghadapi tim yang lebih kecil, kami kehilangan (titel) liga,” ucap Wenger dalam konferensi pers jelang laga dengan Norwich City.

”Klub ini punya nilai-nilai spesial dan berdasar pengalaman saya selama bertahun-tahun, penting untuk tetap bersama dan memberi dukungan pada tim. Tidak mungkin ada sukses tanpa hal itu,” lanjut Wenger di DailyMail.

Sampai sebelum pergantian tahun Arsenal masih dianggap sebagai salah satu kandidat kuat juara. Namun di tahun 2016 ini ’Gudang Peluru’ cuma menang enam kali dari 16 pertandingan Liga Inggris, di mana dalam periode yang sama mereka cuma mengumpulkan 25 poin dari maksimal 48. Saat ini Arsenal terpaut 12 poin dari Leicester City di posisi teratas.

Dalam beberapa kesempatan main di Emirates Stadium, beberapa suporter membawa spanduk yang meminta terjadi perubahan di Arsenal dalam bentuk datangnya manajer baru. Sementara itu mantan pemain seperti Ian Wright, Paul Merson dan Thierry Henry berulang kali melontarkan kritik pada Arsenal.

Tinggalkan Balasan