Area Gunung Puntang Padat

 

bandungekspres.co.id, CIMAUNG – Para petugas Perum Perhutani diterjunkan ke lokasi wisata untuk melayani dan menjaga keamanan wisatawan. Sebab, puncak wisata diprediksi mencapai terjadi pada Minggu (8/5).

Kepala Urusan Bidang Komunikasi Perusahaan pada Perum Perhutani KPH Bandung Selatan Kusnadi mengatakan, lokasi wisata yang ramai dikunjungi sejak libur pada Kamis (5/5) dan Jumat (6/5) di antaranya Wana Wisata Gunung Puntang di wilayah Kecamatan Cimaung, Situ Cisanti di Kecamatan Kertasari, Cibolang Hot Spring di Pangalengan dan Cimanggu yang berada di Kecamatan Ciwidey.

”Minimal dari lonjakan pengunjung ke sejumlah wana wisata saat long weekend ini bisa membuat target pada Mei 2016 tercapai. Sebelumnya, pencapaiannya baru 21 persen, cukup jauh dari realisasinya,” kata Kusnadi di Wana Wisata Gunung Puntang, kemarin (6/5).

Kusnadi mengungkapkan, pihaknya berupaya mengerahkan para petugas untuk menjaga keamanan para wisatawan yang berkunjung ke kawasan alam terbuka. Hampir semua wana wisata yang dikelola Perum Perhutani, merupakan alam terbuka yang kondisi cuacanya dapat berubah seketika.

Selain wana wisata tersebut, lanjut Kusnadi, tempat wisata alam lainnya yang biasa dikunjungi atau dipadati wisatawan adalah wana wisata yang dikelola Divisi Wisata dan Agrikultur Perum Perhutani di Kecamatan Rancabali. Di antaranya Pemandian Air Panas Cimanggu, Patuha Resort, Ranca Upas, dan Wana Wisata Kawah Putih.

Selain di tempat tersebut, kata dia di Gunung Puntang para wisatawan menikmati suguhan alam berupa sungai berair jernih, hutan pinus, bangunan peninggalan Hindia Belanda, sampai sejumlah kolam atau yang terkenal dengan kolam cinta dan curug. Kawasan Gunung Puntang ini kebanyakan dikunjungi wisatawan berusia remaja dewasa.

Termasuk, Situ Cisanti pun banyak dikunjungi oleh rombongan pelajar, keluarga, sampai pengunjung dewasa, yang ingin menikmati kesegaran hutan pegunungan sambil berjalan mengelilingi danau hulu Sungai Citarum. Sedangkan di Cibolang, pengunjung dari berbagai kalangan bisa menikmati kolam rendam air panas dengan pemandangan perkebunan teh, ucapnya.

Sejak Kamis (5/5), katanya, sejumlah tempat wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan. Akibatnya, terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Raya Soreang-Rancabali. Selain itu, terdapat juga sejumlah kawasan wisata, pusat kuliner, dan penginapan, di kawasan wisata Bandung selatan ini. (yul/rie)

Tinggalkan Balasan