Antisipasi Banjir saat Ujian Sekolah SD

bandungekspres.co.id, SOREANG – Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bandung telah menyiapkan beberapa tempat pelaksanaan Ujian Sekolah (US) alternatif. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi banjir saat siswa Sekolah Dasar melaksanakan US.

Kepala Bidang TK SD Disdikbud Kabupaten Bandung, Maman Sudrajat mengatakan, melihat curah hujan masih tinggi, sehingga beberapa sekolah di wilayah Dayeuhkolot dan Baleendah rawan banjir. Pihaknya melakukan antisipasi sejak awal supaya pelaksanaan US bisa berjalan dengan lancar.

”Kami sudah siapkan alternatif sekolah yang sewaktu-waktu bisa digunakan pelaksanaan US SD. Ini dilakukan mengingat beberapa sekolah di dua kecamatan itu rawan terendam banjir. Bahkan sampai hari ini ada satu sekolah di Dayeuhkolot yang masih terendam dan mereka terpaksa mengungsi untuk melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di rumah warga,” kata Maman saat wawancara di kantornya kemarin (12/5).

Maman menjelaskan, sekolah yang rawan terendam banjir di Kecamatan Dayeuhkolot adalah SDN Dayeuhkolot 7 dan 10, tempat alternatifnya di SDN Dayeuhkolot 2. Lalu SDN Bojongasih 1 dan 2 dialihkan ke SDN Dayeuhkolot 5 dan 14. Sedangkan untuk SDN Leuwibandung 3, telah disiapkan tempat di SDN Dayeuhkolot 4.

”Sedangkan untuk di Baleendah, SD yang rawan terendam banjir adalah di SDN Andir 1. Kami sudah siapkan antisipasi di SDN Kulalet. Sekolah itu aman tidak pernah terkena banjir,” jelasnya.

Maman mengungkapkan, pelaksanaan US yang dimulai pada 16 Mei, apabila sekolah tersebut terendam banjir dan tidak bisa digunakan, pihaknya sudah mensiapkan beberapa tempat alternatif, dengan begitu pelaksanaan US tetap berjalan.

”Kalau tempat yang aman telah disiapkan. Kami pun sudah mengimbau agar siswa peserta mempersiapkan diri untuk mengikuti US. Termasuk bagaimana supaya berangkat dari rumah ke menuju tempat US dengan aman, karena ke banyak akses jalan pun terputus,” ungkapnya.

Dia mengatakan, peserta US 2016 ini diikuti sebanyak 65.372 orang siswa. Terdiri dari 61.002 peserta SD dan 4.369 peserta Madrasah Ibtidaiyah (MI). Untuk titik bongkar naskah soal US ini, dilakukan di SMKN 2 Baleendah pada 14 Mei. Sedangkan titik simpan soal US ditempatkan di masing-masing Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)TK SD di masing-masing kecamatan pada 14 hingga 18 Mei.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan