Akhir Cerita Perjalanan Viking

Selama IUUF ini digalakkan, KKP mengklaim terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan. ”Sekarang pertumbuhan sudah 8,96 persen. Kalau kapal asing itu balik ya pertumbuhannya balik lagi kembali 6 persen. Bahkan mungkin turun lagi,” tutur perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Komandan Satgas 115.

Meski kapal sudah ditenggelamkan, proses tindak pidana kasus kapal ini terus berjalan. ”ABK (11 orang, 6 WNI dan 5 WNA, red.) masih kita amankan, dan masih dimintai keterangan oleh TNI AL,” jelas Koordinator Staff Khusus Satgas 115 Mas Achmad Santosa sambil menambahkan, temuan bukti yang sudah dikantongi oleh TNI AL maupun Satgas 115.

Tak hanya itu, nahkoda Juan Domingu Nelson Venegas Gonzales berkebangsaan Chili itu pun sedang akan dilakukan proses hukum lebih lanjut dari pemerintah RI. Achmad Santosa pun memastikan bahwa 1-2 bulan ini akan ada tersangka akan kasus ini.

Dalam melakukan investigasi ini, pihaknya juga bekerjasama dengan multilateral investigation support team (MIST) bersama dengan beberapa negara. Yakni, Kanada, Afrika Selatan dan Norwegia. ”Kita masih lihat apakah ada indikasi perdagangan orang atau tidak,” ungkap Komandan Satuan Keamanan Angkatan Laut Wilayah IV, Mayor Laut Harry Ismail. (lus/sof/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan