Aher Menyerahkan LKPD ke Badan Pemeriksa Keuangan

 

bandungekspres.co.id – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wilayah Jabar Jalan Mohamad Toha kemarin (31/3). LKPD merupakan bentuk pertanggungjawaban dalam penggunaan anggaran selama 2015.

Aher –panggilan akrab Gubernur Jabar- mengatakan, penyajian LKPD berbasis akrual berbeda. Sebab dalam pemberian laporan harus ada dua indikator yang saling berkaitan, yaitu penggunaan keuangan dan pencapaian kinerja.

Menurutnya, dua tolak ukur ini dijadikan acuan sebagai penilaian dalam kberhasilan dan capaian selama tahun berjalan. Hal ini penting dilakukan agar terukur antara hasil dan uang yang dikeluarkan. ”Acrual base ini menyatukan keduanya. Jadi tidak hanya laporan keuangan bagus, tapi hasilnya pun harus bagus,” jelas Aher.

Selain itu, dalam pencapaian keberhasilan juga harus dilihat dari program yang dijalankan pemerintah itu apakah sudah sesuai dilapangan dan harus tepat sasaran. Dirinya menuturkan, dalam penyajiannya, Pemprov Jabar bersungguh-sungguh dalam membuat LKPD ini dengan sebelumnya terus melakukan koordinasi dan konsultasi. Tujuannya, agar diberikan arahan serta bimbingan dalam penyusunannya.

BPKP juga lanjut dia telah melakukan pemeriksaan awal sebagai bentuk bimbingan agar dalam penyajiannya nanti sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Aher optimistis LKPD yang dilaporkan Pemprov Jabar ini telah sesuai dengan harapan dan ketentuan prosedur yang ditetapkan agar ke depan mendapat penilai baik oleh BPK.

Insya Allah kita sudah menyiapkan dengan baik, mudah-mudahan hasilnya kembali mendapat WTP,” ujar dia.

Untuk itu, dirinya bertekad untuk meraih WTP pihaknya akan terus mendorong kepada OPD-OPD dan melakukan suport terhadap kabupaten/kota agar memberikan laporannya secara benar dan sesuai ketentuan. ”Kita support pada kabupaten/kota dengan keliling-keliling. Inspektorat kita keliling-keliling (ke kabupaten/kota) dan diharuskan agar inspektorat daerah berkomunikasi bersama pemprov dalam penyajian LKPD,” ucap Aher.

”Jadi saya harapkan LKPD ini bisa sesuai dengan apa yang diharapkan dan ada peningkatan perolehan WTP untuk daerah Kabupaten/Kota,” pungkas Aher.

Sementara itu, berdasarkan laporan BPK RI Perwakilan Jabar, hingga saat ini masih banyak kabupaten/kota di Jabar yang belum menyerahkan LKPD tahun anggara 2015.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan