Acara Bujang Dare Belenggang Mendapat Tepuk Tangan Meriah

bandungekspres.co.id, SUKASARI – Siapa yang tak mengenal Tari Saman? Seni ini merupakan sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam sebuah prosesi adat. Syair dalam Tari Saman mempergunakan Bahasa Gayo.

Tari Saman sendiri dianggap salah satu media untuk menyampaikan pesan. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan dan sopan santun. Serta kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Dalam acara Bujang Dare Belenggang yang digelar  mahasiswa Departemen Seni Tari 2014 B Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Tari Saman di bawakan oleh penari perempuan.

Menurut Ketua Pelaksana Bujang Dare Belenggang R. angga Gusmawan Sukma, Tari Saman kali ini sengaja dibawakan oleh para perempuan. Hal ini melihat personel penari perempuan lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki.

”Biasanya acara seperti untuk satu angkatan. Nah kalau tahun ini sama satu kelas,” katanya kepada Bandung Ekspres usai acara kemarin (3/5).

Menurutnya, dalam pagelaran kali ini, hanya melibatkan 40 orang penari. Di mana para penari membawakan lebih dari dua tarian. Terutama untuk penari laki-laki membawakan tiga tarian.

Diakui olehnya, cukup sulit membawakan tarian Sumatera. Sebab banyak gerakan yang cukup sulit dibawakan. Apalagi tarian Sumatra ini berbeda dengan tarian Jawa Barat yang mudah dipahami.

Di tempat yang sama, salah satu pemain Tari Saman Fitri Febrianty mengatakan, acara di gelar sebagai salah satu  penilaian dalam matakuliah. ”Waktu pertama sih anggap kegiatan ini cukup berat. Tapi ada banyak pengalaman yang didapat,” ungkapnya.

Satu hal yang dia dapatkan dalam kegiatan ini adalah kerjakeras dan kebersamaan dalam satu kelas. Pihaknya berjanji tidak akan melupakan kegiatan tersebut dan berharap akan ada kembali moment seperti ini agar mempererat tali persaudaraan.

Persiapan acara ini dilakukan kurang lebih selama tiga bulan, yaitu pada bulan Maret. Di mana satu bulan produksi dan sisanya digunakan untuk manajemen. ”Buat pagelaran ini saya cukup puas sama apa yang dilakukan oleh teman-temen,” katanya.

Sementara Kepala Humas UPI Yuliawan Kasmahidaya mengaku sangat terpukai dengan penampilan mahasiswa. ”Tarian sangat bagus, anak-anak pantas diapresasi,” katanya.

Tinggalkan Balasan