95 Persen Kondisi Jalan di Bandung Mulus

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Dari total 1.100 kilometer panjang jalan Kota Bandung, 95 persen kondisi jalannya mulus. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Agoes. S Sjafroedin di Balai Kota Bandung kemarin (24/8).

Agoes menyatakan, angka tersebut di luar jalan lingkungan yang ada di komplek-komplek. Sebab, masih ada developer yang mengelola sendiri jalan tersebut. Namun, khusus jalan yang telah menjadi fasilitas umum, dilalui angkot misalnya, DBMP dan Pemkot Bandung akan turun mengelola.

Selain jalan yang menjadi fasilitas umum, jalan yang rusak parah juga diprioritaskan. ”Tugas kami melayani jadi kami berinisiatif membenarkan jalan secepatnya,” tukas Agoes.

Di kesempatan sama, Agoes mengatakan proyek flyover Antapani saat ini sedang dalam proses pengerjaan. ”Dana yang digulirkan dari APBD dan APBN, khusus dana APBD digunakan mendukung pembangunan trotoar, saluran, PJU, dan hotmix di flyover,” ujar Kabid Perencanaan Program DBMP Lisa Suryasari.

Mengenai proyek skywalk di Jalan Cihampelas, saat ini tengah memasuki masa lelang dengan pihak kontraktor yang berminat. Skywalk akan dibangun sepanjang 500 meter, dimulai dari Rumah Sakit Advent hingga Hotel Promenade.

Skywalk adalah jembatan khusus bagi para pejalan kaki, yang membentang di atas atau di pinggir jalan. ”Dengan keberadaan skywalk, pejalan kaki dan wisatawan dapat melenggang dengan nyaman, dan kendaraan pun bisa melaju tanpa lalu lalang orang yang menyeberang,” pungkas Lisa. (edy/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan