94 Persen, Persiapan PON XIX/ Jabar 2016

Tuan Rumah Juga Siapkan 800 Kamar Hotel

bandungekspres.co.id – Persiapan Pekan Olah Raga (PON) XIX Jawa Barat (Jabar) dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV/ 2016, September 2016 tinggal selangkah. Bahkan, Pemprov Jabar selaku tuan rumah pesta olah raga empat tahunan ini mengklaim, jika saat ini persiapan PON sudah mencapai 94 persen.
Ketua PB PON XIX 2016 Jabar, Ahmad Heryawan, di sela-sela kunjungannya ke Kantor Redaksi Jawa Pos Radar Bali dan Bali Express (Radar Bali Group), Minggu kemarin (13/3) menjelaskan, dari total persiapan itu, hampir keseluruhan venue sudah mendekati proses final. ’’Sarana venue ada yang diperbaiki dan ada juga yang dilakukan perluasan,’’ tegas politisi PKS yang akrab disapa Aher ini.

Lebih lanjut, Aher yang juga gubernur Jabar ini menambahkan, khusus untuk peralatan PON, pihaknya masih akan menunggu penunjukan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP). ’’Insya Allah dengan sisa enam persen persiapan itu, dalam satu semester hingga juni ini semua sudah selesai, baik persiapan administrasi maupun kesiapan akomodasi untuk PON,’’ ujar Aher yang didampingi para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jabar.

Sementara itu, masih terkait persiapan PON XIX, sebagai tuan rumah, juga telah menyiapkan sebanyak 800 kamar hotel yang tersebar di 15 kabupaten/kota di Jabar. Persiapan ratusan kamar itu, menurut Aher, yakni dengan estimasi kunjungan saat pembukaan PON yang mencapai 600 ribu kunjungan. ’’Kalau untuk estimasi atlet dan official mencapai 14 ribu, belum lagi penonton yang kami perkirakan bisa mencapai 30 ribu dan termasuk 3000 wartawan,’’ jelasnya.
Bahkan, sambungnya, meski dari prediksi bahwa hajatan PON XIX Jabar akan membawa dampak ekonomi bagi pendapatan asli daerah Kota Kembang, namun Aher belum mau menyebut soal prediksi kue ekonomi yang akan diperoleh Jabar pada hajatan olahraga nasional empat tahunan ini. ’’Kami tidak berani, takut salah. Yang jelas, akan ada dampak ekonomi dari hajatan PON ini,’’ imbuhnya. (pra/djo)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan