25 Regu Jabar Tatap Final ISC, Peluang Juara Umum Terbuka Lebar

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sebanyak 250 penggalang terbaik Jawa Barat (Jabar) akan mengikuti Final Indonesia Scout Challenge (ISC) 2015-2016 bersama Antangin Junior di Bumi Perkemahan Rama Sinta, Komplek Candi Prambanan, Jogjakarta, 24-27 Oktober mendatang. Ke-250 dibagi menjadi 25 regu terdiri atas 12 regu putra dan 13 putri dari berbagai kota/kabupaten se-Jabar.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jabar Dede Yusuf mengungkapkan, peserta yang dikirim merupakan pilihan setelah melewati rangkaian ISC Regional Jabar di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang pada 15-16 Oktober lalu. Kak Dede –sapaan dalam Pramuka- menyatakan bangga bisa mengirimkan kontingen paling banyak untuk final ISC Bersama Antangin Junior. Sebab, kontingen provinsi lain hanya mengirimkan lima hingga sepuluh regu.

”Saya sangat bangga melihat semangat dan antusias adik-adik. Baru seminggu kemarin kemping, sekarang sudah mau kemping lagi. Mudah-mudahan kita salah satu regu dari kita menjadi juara umum,” ujar Kak Dede di sela pelepasan kontingen ISC Bersama Antangin Junior regional Jabar di Markas Kwarda Jabar, Jalan Cikutra, Kota Bandung, kemarin (23/10).

Kak Dede berpesan kepada seluruh peserta agar menjaga kesehatan selama kompetisi berlangsung. Sebab, cuaca saat ini kurang bersahabat. Apalagi, kawasan Prambanan dirasa memiliki suhu panas karena dataran rendah.

Dirinya juga menyarakan agar adik-adik peserta aktif di media sosial. ”Saat akan berangkat update di Instagram, Twitter, Facebook dan Path. Saat akan lomba, update dulu, sudah lomba pun update agar acara ini semakin terekspos. Teman-teman adik-adik nanti akan iri melihat prestasi kalian,” ujarnya.

Menurut Kak Dede, event seperti ini sangat positif bagi perkembangan mental anak-anak. Di masa yang akan datang, mereka akan memiliki cerita berupa pengalaman yang bisa dibagikan kepada anak-cucunya.

”Yang berangkat sekarang ini adalah calon pemimpin masa depan. Banyangkan saja, mereka sudah menyisihkan ribuan peserta lainnya. Menuju Nasional itu tidak mudah,” ujarnya.

Kak Dede menilai, pembinaan Pramuka di tiap-tiap Kwartir sudah baik. Hal ini dilihat dari kemampuan adik-adik Pramuka yang berkompetisi saat ISC Regional tingkat kabupaten/kota hingga provinsi kemarin. Dia berharap, ISC tahun depan semua daerah dapat berpartisipasi. ”Tahun ini memang tidak semua daerah ikut karena mungkin ada keterbatasan anggaran atau lain-lainnya. Tapi tahun depan saya akan usahakan semua daerah bisa ikut. Kita (Kwarda) akan cari solusinya bagi daerah yang belum bisa ikut,” ujar dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan