207 Kepsek Dirotasi, Disdik Ingin Kualitas Pendidikan Lebih Maju

Disdik juga saat ini sedang mengkaji dan menghitung rasio kebutuhan pengawas di mana tugas pengawas bukan hanya mengatur manajemen sekolah semata. Namun pengawas Kota Bandung akan berbanding guru dan rumpun mata pelajaran sehingga bisa mendampingi guru.

”Ke depan dalam kajian diharapkan para pengawas  mendampingi guru untuk peningkatan kualitas pendidikan khususnya sumber daya guru,” tegas Elih.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha menyayangkan rotasi dan mutasi dilaksanakan saat penerimaan peserta didik baru (PPDB) akan berlangsung. Walaupun mekanisme itu ranah eksekutif, sahut politikus PDI Perjuangan ini, anak didik harus jadi perhatian.

”Dengan rotasi mutasi ini, penandatangan ijazah akan berbeda. Misalnya kepseknya berprestasi atau kurang optimal, maka akan ada kesenjangan,” ujar Achmad.

Sertijab hari kemarin dinilai Achmad, meperlukan waktu berbaur dengan karakteristik lingkungan sekolah baru. ”DPRD tidak melarang tetapi sebaiknya tidak saat akan melakukan PPDB,” ujar Amet, sapaanya.

Pertanyaannya, selama ini tidak pernah Dewan mendengarkan mutasi ini. Walau rotasi mutasi diperlukan, terutama terkait, periodesasi, namun perpindahan ke sekolah yang dibawah gretnya, jangan diartikan sebagai fanismen.

Seharusnya, seru Amet, rotasi dijelaskan dengan reward dan funnishment. ”Itu akan membangun motivasi, para kepala sekolah,” imbuh Amet. (edy/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan