2015, Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat di Atas Rata-rata Nasional

bandungekspres.co.id – PRESTASI mewarnai perjalanan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) di tahun 2015. Realisasi itu diraih berkat sukses sinergi yang dibangun. Antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Ketua dan seluruh anggota DPRD Provinsi Jawa Barat. Para bupati/wali kota, pimpinan partai politik, serta seluruh jajaran aparatur birokrasi di pemerintah daerah. Baik provinsi maupun kabupaten/kota se Jawa Barat.

aher-demiz
KOMPAK: Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan (kiri) bersama Dedi Mizwar bertekad membangun Jabar.

Menurut Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan, semua komponen masyarakat di Jawa Barat telah memberi dukungan dan kontribusi secara nyata dalam mewujudkan keberhasilan berbagai capaian agenda pembangunan daerah yang telah menjadi konsensus bersama. Sebagaimana tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah Tahun 2005-2025; Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah Tahun 2013-2018; Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2015; dan berbagai perencanaan sektoral yang telah ditetapkan.

Aher menganggap, seluruh komponen masyarakat juga telah berperan serta dan partisipasi aktif dalam ikut melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan. Secara khusus dalam memelihara suasana kondusif sebagai landasan penting dalam mendukung keberhasilan capaian agenda pembangunan daerah secara berkualitas.

’’Ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi, saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat,’’ kata Kang Aher- sapaan Ahmad Heryawan, kemarin.

Gubernur Jabar dua periode ini menyampaikan, pada tahun 2015 jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 46,70 juta jiwa. Menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia atau 18,28 persen. Dengan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) sebesar 1,47 persen.

Atau, dapat dikendalikan sebesar 0.05 persen dari kondisi 2014 sebesar 1,52 persen. Besarnya jumlah penduduk tersebut merupakan potensi sekaligus tantangan bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah, untuk dapat menjadikannya sebagai kekuatan sumber daya manusia Jawa Barat yang handal dan berkualitas.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia Jawa Barat dilaksanakan melalui pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, serta percepatan dan pemerataan pembangunan ekonomi. Salah satu pencapaian di bidang ekonomi adalah, laju pertumbuhan ekonomi Jawa Barat tahun 2015 sebesar 5,03 persen. Berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 4,79 persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan