Wushu Cirebon Perkuat Jabar di Kejurnas

[tie_list type=”minus”]Disiapkan Tampil di Kejurnas Junior[/tie_list]

bandungekspres.co.id – Pewushu Kabupaten Cirebon dipanggil untuk memperkuat skuad wushu Jawa barat di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Junior yang akan dihelat di Jakarta 18-23 Desember mendatang. Diantara 54 pewushu junior yang dipanggil Wushu Indonesia (WI) Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menyumbang satu nama, Neni. Dia akan turun di kelas 60 Kg putri kategori Sanda.

Kemampuan Neni mencuri perhatian ketika dia turut membela Kontingen Wushu Kabupaten Cirebon di Kejuaraan Daerah (Kejurda) Junior yang digelar WI Jawa Barat di Bogor, dua bulan lalu. Ketika itu, Neni berhasil menyumbangkan satu-satunya medali emas bagi Kabupaten Cirebon.

Kualitas pewushu 16 tahun itu diakui Ketua Umum Pengcab WI Kabupaten Cirebon, Eko Roeswiyanto. Menurut Eko, Neni yang lahir di Indramayu itu memiliki mental seorang juara. ”Mudah-mudahan dia serius dalam olahraga ini. Sebab dia akan jadi andalan kami di masa mendatang. Dia punya bakat bagus, potensinya sangat besar,” ujarnya, kemarin (9/12).

Eko sepertinya berharap banyak pada Neni. Ya, itu bisa dimaklumi, mengingat dia memiliki cita-cita besar meningkatkan prestasi setelah hanya meraih medali perak dan perunggu ketika turun pertama kali di Porda 2014. WI Kabupaten Cirebon punya kesempatan memperbaiki rekornya di Porda 2018. Dengan catatan, pembinaan atlet harus terprogram sejak sekarang.

”Ya, kita tahu persiapan harus panjang. Tidak bisa instan membentuk karakter atlet yang bagus. Dan dari sekian banyak atlet yang kita persiapkan itu, Neni menjadi salah satu yang sangat kami harapkan mampu memberikan medali emas,” katanya.

Kejurnas Junior di Jakarta, pekan depan, merupakan even nasional perdana bagi Neni. Eko berharap, atletnya mendapatkan hasil maksimal. ”Untuk di Kejurnas itu kita santai saja. Tidak ingin terlalu menekan Neni. Saya ingin dia main lepas tanpa ada beban. Jadi, tidak ada target khusus dari kami. Ya, mudah-mudahan penampilannya memuaskan,” katanya lagi.

Pelatih wushu Kabupaten Cirebon Endrias Leimena mengatakan, Neni memiliki karakter petarung yang komplet. Dia tenang saat bertahan, namun memiliki serangan balik yang cepat ketika ada peluang. Namun demikian, kata Andreas, selayaknya anak dalam usia remaja, penampilan Neni juga masih sering naik turun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan