Waspadai Penyakit ISPA

[tie_list type=”minus”]

Musim Kemarau Mulai Melanda

[/tie_list]

CIMAHI – Warga harus siaga menghadapi musim musim kemarau. Pasalnya, saat kemarau banyak penyakit bermunculan seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan demam berdarah (DBD).

Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Cimahi Romi Abdurakhman mengatakan, di musim kemarau bisa saja berkaitan dengan penyakit ISPA. Kendati demikian, dikatakan Romi, dari data tertulis yang di milikinya, saat ini penderita ISPA tidak meningkat dan juga tidak menurun pada tiap bulannya. ”Artinya masih biasa saja,” katanya.

Sementara dari catatan Dinas Kesehatan Kota Cimahi, kasus penyakit ISPA terbanyak di tahun ini terjadi pada Februari lalu, dengan total 4.182 penderita. Sedangkan, pada Mei lalu, jumlah penderitanya sebanyak 3.580. Angka ini lebih banyak ketimbang penderita ISPA pada April yang berjumlah 2.888.

Menurutnya, selain ISPA, masyarakat juga perlu melakukan antisipasi terhadap penyakit DBD. Meski DBD sering terjadi di musim hujan, tapi Romi tetap mengingatkan masyarakat agar tetap selalu menjaga tempat tempat penampungan air yang dibuat oleh warga itu sendiri. ”Khusus untuk Kota Cimahi, kota ini memang daerah endemis DBD,” ujarnya.

Pada saat musim kemarau seperti sekarang ini, masyarakat menjadi khawatir dalam menjaga pasokan airnya. Akibatnya, mereka tentu akan menampung air di tempat penampungan seperti bak, untuk menjaga stok air. Kondisi inilah yang membuat potensi penyakit DBD ada di kalangan masyarakat karena, bak air tidak dikuras atau tidak terpantau.

”Adanya kekhawatiran tempat penampungan air itu akan menjadi sarang nyamuk dan akhirnya beresiko menimbulkan penyakit demam berdarah, ” katanya.

Selain tempat penampungan air, masyarakat juga harus memperhatikan kebersihan dari penampungan air pada dispenser. Karena, kebersihan dispenser sebagai tempat air sering kali tidak diperhatikan sehingga bisa menjadi sarang munculnya nyamuk.

Dlanjutkan Romi, bagi masyarakat yang senang memelihara pot-pot tanaman, mereka dihimbau untuk menghindari genangan air yang terlalu lama di pot tersebut. ”Jadi DBD di musim kemarau ini bisa muncul dari tempat-tempat penampungan air, ” ujarnya.

Dinas Kesehatan Kota Cimahi juga mencatat, kasus penyakit DBD di tahun ini terjadi paling banyak pada Februari lalu dengan total penderita sebanyak 147 orang. Sementara, satu korban meninggal karena DBD ini sempat terjadi yakni pada Januari lalu. Selain itu, pada Mei lalu, penderita DBD berjumlah 83 orang. Ini meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya yang totalnya mencapai 62 orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan