Warga Cimenyan Kumpulkan Rp 2,6 M

 Swadaya Untuk Perbaikan Jalan

PERBAIKAN JALAN RUSAK
Ilustrasi/jawapos
PERBAIKAN JALAN: Pekerja memperbaiki jalan yang rusak akibat tingginya intensitas hujan, belum lama ini.

CIMENYAN — Warga di seputaran Bukit Pakar Utara, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan mendapat apresiasi dari Bupati Bandung Dadang M Naser. Sebab, warga dinilai ikut peduli mengurangi beban Pemkab Bandung dengan berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 2,6 miliar untuk perbaikan jalan.

Apreasi tersebut disampaikan Naser saat meninjau lokasi perbaikan jalan di kawasan menuju Taman Hutan Rakyat (Tahura), kemarin. Dadang menjelaskan, setiap tahunnya Pemkab Bandung hanya mampu memperbaiki jalan sebesar 10 persen dari seluruh panjang jalan milik Kabupaten Bandung yakni sepanjang 1.150 kilometer.

’’Atas nama Pemkab Bandung, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang telah membantu meringankan beban pemerintah daerah dalam memperbaiki kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Bandung,’’ kata Dadang.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Ciburial, Richard Wiraga mengatakan, dirinya dan warga lainnya secara swadaya berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 2,6 miliar. Menurutnya, dana tersebut dipergunakan untuk memperbaiki kondisi jalan yang rusak sepanjang 1,5 kilometer di kawasan taman wisata alam Tahura. ’’Gagasan ini tercipta karena warga di sini melihat ada potensi daerah yang bisa digali dari sektor pariwisata,’’ kata Richard.

Keindahan dan nuansa alam yang ada di kawasan Bukit Pakar Utara, kata dia, seperti kawasan Tebing Karaton bisa memancing para wisatawan untuk berkunjung ke Desa Ciburial. Namun, untuk menarik minat wisatawan ini, lanjut dia, perlu ditunjang oleh sarana jalan yang nyaman dan memadai.

’’Selain niat kami ingin membantu meringankan beban pemerintah daerah, kami juga ingin menciptakan kawasan yang berestetika. Sehingga, potensi wisata di Ciburial bisa tergali dan dikenal luas oleh semua orang,’’ jelasnya. (mg15/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan