Wali Kota Cirebon Meninggal Dunia

CIREBON – Kota Cirebon berduka. Pemimpin tertinggi di kota itu, Wali Kota Drs H Ano Sutrisno MM meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya dalam kurun waktu sekitar 4 bulan terakhir. Dia menghembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam pukul 15.10 WIB, Jakarta, kemarin (19/2).

Drs H Ano Sutrisno MM Wali Kota Cirebon
Drs H Ano Sutrisno MM
Wali Kota Cirebon

Memburuknya kondisi kesehatan wali kota diketahui pertama kali dari dokter pribadi wali kota, dr Edial Sanif SpJP FIHA. Kamis dini hari (19/2) sekitar pukul 03.00 WIB, Edial menelepon Wakil Wali Kota Nasrudin Azis dan mengabarkan jika kondisi Ano memburuk. Saat itu juga Azis langsung berangkat ke RS Siloam Jakarta tempat wali kota dirawat selama ini. Dan sore kemarin sekitar pukul 15.20, kabar soal meninggalnya wali kota pun menyebar dengan cepat.

Kabag Humas Pemkot Cirebon Maruf Nuryasa saat dikonfirmasi membenarkan perihal kabar meninggalnya Ano. Dikatakan, wali kota meninggal dunia pukul 15.10 di RS Siloam Semanggi Jakarta. Jenazah, kata Maruf, rencananya akan disalatkan setelah Salat Jumat (hari ini) di Masjid Raya At Taqwa, dan akan dimakamkan di TPU Kemlaten. ’’ Dari RS Siloam jenazah disemayamkan di rumah dinas wali kota Jalan Siliwangi. Rencananya bakda Salat Jumat akan disalatkan dan akan dimakamkan ke TPU Kemlaten,’’ kata Maruf kepada Radar Cirebon (Group Bandung Ekspres).

Wali kota wafat meninggalkan seorang istri Hj Erni Astuti dan dua orang anak dan satu orang cucu. Karir Ano Sutrisno menapaki karir sebagai seorang birokrat sangat cemerlang. Bermula dari staf Itwilko selama sekitar 2 tahun langsung melesat menjadi kaur umum Itwilko Kodya Cirebon. Bahkan, karirnya terus menanjak tahun 1988 promosi menjadi kabag humas hingga tahun 1991. Kariernya terus meroket menjadi menjabat Kabag Umum dan Protokol Pemkot Cirebon tahun 1991–1993, kemudian Kabag Penyusunan Program Pemkot Cirebon tahun 1993–1997.

Ano promosi eselon II sebagai kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) tahun 1997- 2001. Kemudian, menjabat sebagai Asda Bidang Administrasi dan Pemerintah tahun 2001– 2002. Di tahun yang sama pindah menjadi Asda Umum dan Keuangan Tahun 2001–2002. Di tahun 2002 Ano promosi menjadi sekda hingga tahun 2007.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan