Unjuk Kreativitas di TTG

[tie_list type=”minus”]Cimahi Bersinergi dengan Pemprov Jabar [/tie_list]

Pameran Tepat Guna - bandung ekspres 3
GATOT POEDJI UTOMO/CIMAHI EKSPRES

PEMAPARAN: Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat mendengarkan pemaparan.

CIMAHI – Seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat mengikuti pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) di Cimahi Conventional Hall (CCH), Jalan Rd Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, kemarin (5/6). Gelaran selama tiga hari ini diikuti para peserta yang merupakan pemenang TTG tingkat kabupaten/kota di masing-masing daerah.

Nantinya, pemenang TTG tingkat provinsi ini akan mewakili Jawa Barat dalam TTG tingkat nasional yang akan digelar di Daerah Istimewa Aceh, Oktober mendatang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Jawa Barat Dede Rusdia usai pembukaan perlombaan TTG tingkat Provinsi Jawa Barat mengatakan, ajang ini bisa meningkatkan kreativitas warga dalam membantu pertumbuhan ekonomi. Terlebih saat ini lapangan pekerjaan tidak sesuai dengan jumlah penduduk.

”Penduduknya banyak tapi ruang lingkupnya terbatas. Sebab warga Jawa Barat hampir mencapai 46 juta jiwa. Melalui TTG ini kita menjaring kreativitas yang tumbuh kembang dari bawah,” kata Dede kemarin (5/6).

Dede menyatakan, kreativitas masyarakat Jabar tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya terobosan dan inovasi baru yang terlihat dalam TTG tahun ini. ”Tinggal dikembangkan lagi,” singkatnya.

Pameran Tepat Guna - bandung ekspres 2
GATOT POEDJI UTOMO/CIMAHI EKSPRES

BATU AKIK: Para peserta menunjukkan batu akik kepada wali kota.

Kendati demikian, diakuinya selama ini kreativitas warga kurang berkembang karena terbentur berbagai persoalan, salah satunya permodalan. ”Melalui ajang ini bisa membantu pengembangan kreativitas warga, seperti dari sisi pemasaran,” ungkapnya.

Asisten Daerah II Pemprov Jabar Jerry Yanuar mengaku, menginginkan kreativitas warga yang terjaring dalam TTG ini bisa memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi Tepat Guna ini diharapkannya bisa membantu menyelesaikan pekerjaan manusia.

”Tadi saya melihat ada teknologi yang bisa menaikkan air untuk pengairan sawah tanpa listrik. Kemudian juga bagaimana hasil olahan menjadi lebih baik dan bersifat market karena kemasannya sudah bagus,” kata Jerry.

Tinggalkan Balasan