Turunkan Suku Bunga demi UMKM

Di bagian lain, Ketua Kadin Indonesia 2010-2015 Suryo Bambang Suliato barharap, para pelaku usaha di Indonesia lebih berdaya saing saat AEC bergulir.

”Sayangnya, dukungan pemerintah belum optimal. Sinergitas antara pusat dan daerah pun penting. Tapi, sinergitas itu pun masih belum optimal,” tandas Suryo.

Dikatakan, integritas dan sinergitas adalah hal penting untuk menggerakkan ekonomi pada saat era persaingan kian ketat, termasuk ketika AEC bergulir. Pasalnya, melalui integritas dan sinergitas kuat, dapat tercipta kondisi yang menunjang perekonomian nasional.

Menurutnya, selama beberapa tahun terakhir, terjadi pergeseran paradigma dunia usaha, yaitu dalam hal ritel dan logistik. Pergeseran tersebut yaitu pemanfaatan Teknologi Informasi (TI).

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menambahkan, pihaknya berharap Munas Kadin Indonesia yang agendanya memilih Ketua dan jajaran pengurus periode 2015-2020, dapat menciptakan ruang yang lebih leluasa bagi dunia usaha, termasuk Jabar. Sehingga makin berdaya saing.

Pria yang akrab disapa Aher itu berpendapat, dunia usaha punya peran sebagai locomotive mover, dalam berbagai aspek. Bagi dia, roda ekonomi dapat terus berputar dan bertumbuh jika disertai kemandirian dunia usaha.

”Karenanya, kemandirian mulai hulu hingga hilir sangat perlu demi mencapai kemakmuran seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya. (adr/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan