Tumbangnya Para Raksasa Di Piala Jenderal Sudirman

Meski turnamen itu diikuti oleh tim-tim lokal, banyak pemain nasional yang mengambil bagian di sana setelah diiming-imingi honor tinggi. ”Kami tidak bisa melarang mereka (pemain), karena mereka juga cari uang. Toh kontrak mereka dengan tim hanya untuk satu kali turnamen, bukan untuk satu musim,” kata pria yang akrab di sapa Bendol itu.

Benny mengakui, setelah keluar sebagai runner up Piala Presiden pada 18 Oktober lalu, sebagaian besar pemain langsung terbang ke Parepare karena dikontrak sejumlah klub lokal di sana. Parahnya lagi, turnamen Habibie Cup tersebut berakhir tepat dengan jadwal kick off Piala Jenderal Sudirman di Malang, 10 November lalu.

Menurut Benny, total sembilan pemain mereka yang ikut di turnamen Habibie Cup, dan empat pemain baru bergabung dengan tim dengan julukan Wong Kito itu saat mereka menjalani training center di Solo Jawa Tengah. ”Mereka bergabung dengan tim kira-kira seminggu sebelum kami bertolak ke Malang,” ungkapnya.

Dengan persiapan yang sangat mepet tersebut, Sriwijaya FC terpaksa harus kandas di babak penyishan grup A setelah hanya mengoleksi lima poin dari satu kali menang, sekali kemenangan adu penalti, sementara dua laga lain berujung kekalahan. Dengan poin itu, untuk merebut peringkat tiga terbaik pun, mereka tak sanggup.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Djadjang Nurdjaman selaku Pelatih Persib Bandung. Menurut dia, banyak pemain mereka yang berlaga di Habibie Cup juga menyulitkan mereka untuk menyusun program latihan yang ideal. Apalagi, salah satu mesin gol mereka, Zulham Zamrun harus menjadi tumbal turnamen itu dengan mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) kaki kanan.

”Selain itu, skuad kami juga mengalami banyak perubahan setelah ditinggal pergi sejumlah pemain penting. Masuknya beberapa pemain baru juga membuat kami membutuhkan banyak waktu untuk mengsinergikan tim,” ujar Djadjang. Meski begitu, pelatih asli Sumedang, Jawa Barat itu mengatakan, mereka akan belajar dari kegagalan itu untuk bangkit kembali. (ben/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan