Tiru Ducati, Yamaha Kini Pasang Winglet

Sirkuit Misano memang ramah pada Yamaha. Dalam sesi latihan kemarin (11/9), Jorge Lorenzo sudah mengukir rekor lap tercepat di atas YZR-M1. Sirip alias winglet baru mirip inovasi di motor Ducati disebut-sebut ikut menambah kecepatan Yamaha.

Lorenzo membukukan catatan waktu 1 menit 32,871 detik pada sesi kedua. Dia unggul 0,053 detik dari jagoan Repsol Honda, Marc Marquez. Sedangkan Rossi ada di urutan ketiga dengan gap 0.053 detik lebih.

Hasil itu menjadi awal yang baik Lorenzo. Kalau konsisten sampai lomba hingga bisa finis di depan Rossi, maka Lorenzo akan mengurangi deficit 12 poin. Hujan dalam lomba sebelumnya di Silverstone membuat Lorenzo tidak maksimal, hanya finis keempat.

Sementara itu, winglet yang di pasang di motor Lorenzo letaknya cukup menonjol. Sangat mudah dilihat karena letaknya tepat di kanan-kiri batok bawah kepala motor. Bentuknya tipis seperti sirip ikan bagian atas dan terpasang miring. Fungsinya tentu untuk lebih memantapkan fungsi aerodinamika saat menyibak terpaan angin dari depan.

Beda dengan milik GP15 adalah letak pemasangannya. Untuk Ducati winglet terpasang di fairing bagian bawah kiri-kanan. Inovasi ini baru terlihat di motor bernomor 99 milik Lorenzo, sedangkan di tunggangan Rossi belum nampak terpasang.

Sebenarnya sepanjang hari kemarin bintang Repsol Honda Marc Marquez yang mendominasi latihan. Pada sesi pagi sang juara bertahan MotoGP memimpin daftar rider tercepat dengan catatan waktu 1 menit 33,328 detik. Waktunya lebih cepat 0,001 detik di depan Lorenzo.

Pun di sesi sore Marquez tetap tangguh. Nyaris sepanjang sesi catatan waktunya tak tertandingi. Hanya Marquez dan Lorenzo yang mampu membabat waktu mereka hingga di bawah 1 menit 33 detik.

Ketika sesi latihan tinggal menyisakan 10 menit Lorenzo kembali menajamkan waktunya menjadi 1 menit 32, 871 detik. Pesaing terdekatnya tetap Marquez dengan selisih tipis 0,053 detik.

Rekor tersebut didapat Lorenzo setelah timnya memasang winglet di 10 menit terakhir sesi latihan sore. Marquez gagal merespon perbaikan waktu tersebut dan akhirnya harus puas menduduki posisi kedua. Rupanya winglet tersebut memperbaiki waktunya hingga 0,005 detik.

Di urutan ketiga dan keempat diisi Dani Pedrosa (Repsol Honda) lalu Andrea Dovizioso (Ducati). Namun keduanya belum mampu mencapai waktu terbaik di bawah 1 menit 33 detik. Disusul Valentino Rossi di tempat kelima. Posisinya naik satu tingkat dari sesi pagi. Meski begitu jaraknya dengan Lorenzo nyaris 0,6 detik. (cak/ang/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan